Sukses

Sempat Diwarnai Protes, Pasangan Nomor 1 Pilkada Morotai Unggul

Dari hasil rekapitulasi pilkada, pasangan calon Balap mampu menang, bahkan dari lima kecamatan.

Liputan6.com, Ternate - Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) nomor 1 yaitu Beny Laos-Asrun Padoma meraih suara terbanyak di Pilkada Morotai. Hal itu setelah KPU Morotai melakukan rekapitulasi hasil pilkada yang berlangsung pada Rabu 22 Februari 2017.

Ketua KPU Pulau Morotai, Saima Nuang menyatakan, pleno rekapitulasi KPU Pulau Morotai itu sesuai dengan hasil scanning form C1 yang dipublikasikan secara resmi oleh KPU.

Menurut dia, dari hasil rekapitulasi itu, paslon nomor urut 1 Beny Laos-Asrun Padoma (Balap) meraih 19.069 suara atau 49,74 persen, disusul paslon nomor urut 2, Ali Sangaji-Yulce Makasarat (Ali - Yuk) meraih 13.221 suara 34,49 persen, dan paslon nomor urut 3 Ramli Yaman-Adjan Djaguna (Radja) meraih 6.044 suara atau 15,77 persen dari 38.334 suara sah.

Seperti dilansir dari Antara, dari data yang diperoleh melalui portal KPU melalui hasil scan form C1, Paslon Balap mampu menang, bahkan dari lima kecamatan, paslon Balap mampu mengungguli dua rivalnya tersebut.

Dia menyatakan, meskipun pleno rekapitulasi pilkada mendapat aksi unjuk rasa dari massa pendukung paslon Ali Sangaji - Yulce Makasarat dan lainnya, pleno yang berlangsung di ruang KPU Pulau Morotai itu tetap berjalan hingga tuntas. 

"Memang ada protes dari saksi paslon lain seputar kasus politik uang dan sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh timses pasangan Balap, namun hal itu merupakan kewenangan panwaslu setempat," kata di saat dihubungi dari Ternate, Kamis (23/2/2016).

Sementara itu, di Kabupaten Halmahera Tengah, KPU setempat menggelar pleno rekapitulasi hasil pilkada kabupaten itu di tujuh kecamatan, dari 10 kecamatan yang diikuti pasangan Edi Langkara - Abdurahim Odeyani atau Elang-Rahim dan Mutiara Yasin-Kabir Hi Kahar.

Sebagaimana hasil pleno rekapitulasi tujuh kecamatan di KPU Halteng itu, untuk sementara pasangan calon Mutiara-Kabir meraih 10.845 suara dan pasangan calon Elang-Rahim meraup 8.930 suara.

Ketua KPU Halteng Nasharuddin Awaluddin ketika dihubungi membenarkan, pihaknya telah menyelesaikan pleno rekapitulasi hasil pilkada untuk tujuh kecamatan dan tersisa tiga kecamatan akan dilakukan pleno rekapitulasi pada Kamis (23/2) hari ini.

Tiga kecamatan Patani Timur, Pulau Gebe dan Patani Utara yang akan dilakukan pleno rekapitulasinya pada hari ini merupakan basis dari pasangan Elang-Rahim.

Sesuai hasil peroleh suara yang dikutip melalui laman KPU, pasangan Mutiara Yasin-Kabir Hi Kahar (Mutiara-Berkah) 14.009 atau 48,07 persen dan pasangan calon Edi Langkara-Abdurahim Odeyani (Elang-Rahim) memperoleh 15.130 suara atau 51,92 persen dengan selisih 1.121 atau 3,8 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini