Sukses

Datangi Korban Banjir, Apakah Anies Baswedan Kampanye?

Anies Baswedan adalah calon gubernur yang saat ini tengah menunggu hasil rekapitulasi perhitungan suara pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Jakarta dilanda banjir dua hari lalu, Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menyambangi lokasi banjir di kawasan Cipinang Melayu Jakarta Timur dan di Kelurahan Rawajati.

Kedatangan Anies tersebut menimbulkan tanda tanya sejumlah pihak. Apakah blusukan Anies ke lokasi banjir tersebut bisa dikatakan kampanye?

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dahlia Umar, saat ini sebagai calon gubernur, Anies Baswedan tak terikat dengan aturan apapun. Sebab, sama dengan kedua rivalnya, Anies merupakan calon yang tengah menunggu hasil penghitungan suara.

Sementara masa kampanye pilkada putaran pertama sudah selesai, sedangkan masa kampanye putaran kedua belum dimulai mengingat belum adanya pernyataan resmi KPU mengenai hasil Pilkada DKI 2017. Anies pun belum dinyatakan masuk Pilkada DKI putaran dua secara resmi.

"Walaupun statusnya pasangan calon, masa kampanye sudah selesai. Artinya mereka tidak terikat lagi aturan kampanye," ujar Dahlia kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Di sisi lain, kata Dahlia, KPU belum memutuskan apakah bakal ada pilkada putaran kedua atau tidak.

"Anies, Ahok, Agus semua 3 pasangan calon apakah akan ditetapkan sebagai pemenang atau tidak kan belum tahu," kata dia.

Jika nantinya akan ada putaran kedua, lanjut Dahlia, maka KPU akan memberikan aturan dan jadwal kampanye baru.

"Walaupun dia (Anies) pasangan calon, statusnya belum putaran kedua. Kalau sudah ditetapkan (putaran kedua) maka tidak boleh ada kegiatan di luar jadwal kampanye," tandas Dahlia.

Sementara saat ini, Anies Baswedan bebas melakukan kegiatan apapun hingga aturan KPU untuk Pilkada DKI putaran kedua mengikat pasangan calon yang bakal bersaing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • KPU DKI