Sukses

Sandiaga Uno Pastikan Rumah Tanpa Uang Muka Bukan Mimpi

Sandiaga menjelaskan rumah tanpa DP telah diterapkan di negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerangkan, program rumah tanpa uang muka (down payment-DP) ini bukanlah yang pertama diterapkan di dunia. Dia mengatakan beberapa negara di dunia telah lebih dahulu menerapkan program ini.

"Program ini di India ada, di Bangkok juga ada, saya juga tunjukan affordable housing di Colorado juga ada, ini program yang sangat inovatif dan warga tertarik," kata Sandi saat di temui di daerah Pondok Labu, Jakarta, Sabtu 18 Februari 2017.

Sandiaga juga menuturkan, beberapa warga justru antusias dengan program yang dibuatnya bersama pasangannya, Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Malah ada beberapa warga yang bilang, kita boleh daftar enggak dulu sekarang, karena mereka antusias. Dan kalau bisa dilaksanakan ada banyak rumah tangga yang merasa lega karena mereka punya tempat hunian," pungkas dia.

Pada debat ketiga yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Anies sempat melontarkan program uang muka nol rupiah untuk kredit kepemilikan rumah di Jakarta.

Program itu ditanggapi beragam oleh banyak pihak, salah satunya Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang menyatakan program itu akan menyalahi aturan tentang uang muka kredit kepemilikan rumah minimal 15 persen.

Namun, Anies justru menyatakan kebijakan rumah tanpa uang muka ini tidak melanggar aturan bila merupakan program dari pemerintah daerah. "Hal tersebut diatur dalam Pasal 17 peraturan Bank Indonesia Nomor 18/16/PBI/2016. Bukan DP nol persen, tetapi nol rupiah," kata Anies di Jakarta, Jumat, 17 Februari 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

Video Terkini