Sukses

JK: Pemilu di RI Jauh Lebih Aman Ketimbang Thailand dan Filipina

Menurut JK, para pemilih di Indonesia saat ini juga dinilai semakin pandai dan mengerti proses politik yang terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menyebut pesta demokrasi yang berlangsung di Indonesia jauh lebih aman ketimbang negara Asia Tenggara lainnya seperti ‎Thailand dan Filipina.

JK menyatakan, hal ini terbukti dari proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak hari ini yang ‎berjalan aman dan damai. Hingga saat ini kondisi di provinsi atau kabupaten/kota yang melangsungkan pilkada terbukti aman tanpa adanya gangguan.

‎"Itu terbukti, di Indonesia ini, pilkada atau pilgub (pemilihan gubernur) sangat aman. Dibanding negara lain, di Filipina dan Thailand. (Di Indonesia) tidak ada ancaman ini," ujar dia di Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Menurut JK, proses demokrasi di Indonesia memberikan kebebasan kepada setiap warga negara yang memiliki hak suara untuk menentukan ‎pilihan sesuai dengan keinginannya. Para pemilih tersebut bisa memilih sesuai dengan apa yang dipercayai.

"Demokrasi itu kan kalau memilih sesuai dengan apa yang dia percaya. Percaya kan bisa macam-macam percaya, karena prestasinya, atau percaya karena ideologi, bisa percaya karena kesamaan agama, percaya masa depan," jelas dia.

Selain itu, para pemilih di Indonesia saat ini juga dinilai semakin pandai dan mengerti proses politik yang terjadi. Sehingga para pemilih ini punya banyak pertimbangan akan pasangan calon (paslon) yang dipilihnya.

"Macam-macam pertimbangan orang, tidak cuma satu. Tidak cuma visi dan misi tapi ada kebersamaannya. Itu kita tidak bisa terka atau orang ini memilih karena apa, tapi tergantung apa yang dia percaya. Ada teman dekat percaya betul dia nomor satu, nomor dua bisa memajukan Jakarta dia seperti itu," tandas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini