Sukses

Ahok - Djarot Menang di TPS Rizieq Shihab, PPS Hitung Ulang

Paslon nomor urut 1 Agus-Sylvi meraih 38 suara, Ahok-Djarot 279 suara, Anies-Sandiaga 212 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat secara mengejutkan menang di tempat pemungutan suara (TPS) Rizieq Shihab. TPS yang menjadi tempat Rizieq Shihab mencoblos adalah TPS 17, Petamburan, Tanah Abang.

Namun, panitia pemungutan suara (PPS) memutuskan untuk melakukan penghitungan ulang karena saksi Ahok memprotes

Setelah hitung ulang, di TPS 17, yang dekat dengan markas FPI, paslon nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapat 38 suara, paslon nomor urut 2 Ahok-Djarot 279 suara, sedangkan paslon nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno 212 suara.

Suara yang terpakai sebanyak 529. Surat suara tidak sah sebanyak lima. Surat suara rusak itu satu rusak, dua dicoblos di luar garis gambar paslon, dan sisanya pemilih mencoblos tiga paslon. Sehingga total 534 surat suara.

Sebelumnya, pada perhitungan pertama, terdapat satu suara yang hilang sehingga tak sesuai dengan jumlah keseluruhan suara terpakai. Setelah dihitung ulang, ada dua surat suara yang terselip menjadi satu.

"Ada perbedaan hasilnya, satu rusak dua di luar garis, dua (kertas suara) dicoblos semua," kata Ketua KPPS TPS 17, Ali, Selasa (15/2/2017).

 

Ahok unggul di TPS tempat Rizieq Shihab menyoblos. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Sebelumnya, pantauan Liputan6.com, di TPS ini, Ahok-Djarot memperoleh 278 suara. Disusul Anies-Sandiaga yang memperoleh 212, sedangkan Agus-Sylviana mendapat 38 suara.

Adapun total pemilih yang tercatat adalah 528 suara, dengan lima suara tidak sah. Sementara itu, di TPS Petamburan lain, yaitu TPS 19, Anies-Sandi memperoleh 293 suara. Disusul Ahok-Djarot 90, dan Agus-Sylvi 62 suara.

Total pemilih 445 dan tidak tercatat suara tidak sah. Di TPS 18, Anies-Sandi unggul dengan perolehan 314 suara, disusul Agus-Sylvi degan perolehan 81 suara, dan Ahok-Djarot unggul dengan 32 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini