Sukses

TPS Karubaga di Tolikara Papua Tunda Pencoblosan Pilkada Hari Ini

Penundaan pencoblosan sudah dibicarakan bersama dengan penyelenggara pilkada tingkat kabupaten dan tiga pasangan calon.

Liputan6.com, Karubaga - Tempat Pemungutan Suara (TPS) Karubaga yang terletak di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua tidak melakukan pencoblosan Pilkada 2017 secara serentak hari ini.

TPS yang berada di tengah Lapangan Merah Putih ini sudah dipenuhi oleh masyarakat setempat sejak pukul 07.00 WIT. Namun hingga pukul 12.00 WIT petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) belum berada di lokasi pencoblosan.

"Kami sudah berada di sini mulai pukul 07.00 WIT atau ada juga yang pukul 07.30 WIT, namun tak dilayani sampai sekarang. Katanya ditunda, tapi belum jelas ini," kata Mince Kogoya, 21 tahun, warga Karubaga, Rabu (15/2/2017)

Anggota KPU Papua Izak Hikoyabi yang berada di lokasi menyebutkan, TPS Karubaga dibatalkan untuk pencoblosan hari ini, karena tak ada petugas PPS. Penundaan pencoblosan sudah dibicarakan bersama dengan penyelenggara pilkada tingkat kabupaten dan tiga pasangan calon yang mengikuti pilkada.

"Besok, TPS Karubaga baru melaksanakan pencoblosan. Hari ini kami membuat SK baru untuk penunjukan anggota PPS di TPS Karaubaga. Semua sudah sepakat akan hal tersebut," kata Izak.

Kunjungi Lokasi

Kabupaten Tolikara menjadi salah satu kabupaten yang dianggap rawan oleh kepolisian setempat. Ada lebih dari 216 ribu pemilih yang tersebar di 45 distrik dan 545 kampung. Tak hanya itu saja, di Kabupaten Tolikara, hanya ada 4 TPS yang menggunakan pencoblosan secara nasional, sisanya menggunakan sistem noken.

Pada hari pencoblosan di Kabupaten Tolikara, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw langsung meninjau lokasi TPS Karubaga yang batal melaksanakan pencoblosan.

"Saya berharap tiga pasangan kandidat, ikut menjaga keamanan di daerah ini, baik itu sebelum dan sesudah pelaksanaan pilkada. Harapannya, jika semua saling berpegangan tangan untuk keamanan daerahnya, saya yakin pelaksanaan pilkada akan berjalan dengan baik," ucap Paulus dalam pertemuan dengan tiga kandidat dan Muspida Tolikara di Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara.

Ada sekitar 582 TPS lebih di Kabupaten Tolikara. Namun hanya 4 TPS yang menggunakan sistem nasional, sementara sisanya menggunakan sistem noken.

Paulus mengaku pencoblosan dengan sistem noken di Kabupaten Tolikara akan berjalan dengan aman dan lancar, jika pemilih menggunakan hak pilihnya sesuai dengan juknis KPU.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tolikara Usman Wanimob menjamin pelaksanaan pilkada di daerahnya dapat berjalan dengan baik, walaupun masing-masing pasangan saling mengklaim akan kemenangannya.

"Saya jamin pilkada akan berjalan aman dan tak akan ada masalah. Hari ini adanya penundaan akan kita perbaiki dan dipastikan besok dapat dilakukan kembali pemilihan di TPS Karubaga," papar Usman.

 

* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini