Sukses

SMRC: Ahok dan Anies Diprediksi Lolos ke Putaran Kedua

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani memprediksi Pilkada DKI 2017 akan berlangsung dua putaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, memprediksi Pilkada DKI 2017 berlangsung dua putaran. Itu karena dari tiga pasangan calon yang bertarung, tidak ada yang meraih suara 50 persen plus 1.

"Seperti hasil sejumlah survei yang beredar. Pilkada DKI 2017 kemungkinan dua putaran," ujar Saiful Mujani, saat ditemui di SCTV Tower Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Saiful menyatakan, dua nama yang akan maju ke putaran dua adalah pasangan calon nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) dan pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi).

"Suara Ahok cukup stabil di angka 30-an persen, Anies banyak mengambil suara Agus. Agus mengalami penurunan suara sangat signifikan," ujar Saiful.

Dia menambahkan, anjloknya suara Agus disebabkan ekspose program yanng dinilai tidak maksimal saat debat pilkada berlangsung. Agus dan pasangannya Sylviana Murni dinilai tampil kurang meyakinkan di acara debat.

"Warga Jakarta kan cukup mengikuti acara itu ya. Jadi mereka kemudian berpaling," jelas dia.

Selain debat, mobilisasi anti-Ahok yang dikaitkan dengan Agus justru menjadi bumerang. Meski akhirnya tidak memilih Ahok, sebagian warga Jakarta mengalihkan dukungan ke Anies.

Pilkada DKI 2017 diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat, dan nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno.


* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.