Sukses

Lima Anggota Keluarga Keraton Yogya Mencoblos di Pilkada 2017

Keluarga Keraton Yogyakarta ikut memilih Wali Kota Yogyakarta pada Pilkada 2017 serentak.

Liputan6.com, Yogyakarta - Lima keluarga Keraton Yogyakarta ikut dalam Pilkada Yogyakarta 2017. Mereka menggunakan hak pilihnya di TPS 09 di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Suryoputran Kelurahan Penembahan Keraton Yogyakarta.

Kelima keluarga keraton yang terdaftar di DPT TPS 09 adalah Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X bersama dengan istri GKR Hemas, anaknya GKR Hayu dan GKR Condrokirono, serta menantunya KPH Purbodiningrat. Pada DPT, Sultan HB X berada di nomor 292 dari 589 orang yang masuk DPT TPS 09.

Sultan menggunakan hak pilihnya sekitar pukul 07.10 WIB. Usai mencoblos, ia berharap semua warga Yogyakarta yang memiliki hak suara dapat menggunakan hak pilihnya.

"Kalau saya punya harapan masyarakat mau menggunakan hak pilih, jangan golputlah," ujar dia, Rabu (15/2/2017).

Sultan juga berharap agar Pilkada Serentak, baik di Yogya, maupun di kota lainnya dapat berjalan lancar. Tidak ada lagi money politics yang meresahkan masyarakat sehingga dapat mencederai pesta demokrasi saat ini.

"Harapan saya tidak terjadi sesuatu yang menimbulkan keresahan masyarakat. Ya enggak ada money politics itu," kata dia.

Sultan yakin seluruh pesta demokrasi ini dapat berjalan lancar. Pihak-pihak yang ikut dalam kontestasi pilkada bisa menjadi contoh dalam pilkada damai.

"Demokrasi itu butuh dialog bukan mau menang sendiri," tegas dia.

Di Yogyakarta, kondisi di beberapa titik cukup lengang termasuk di titik nol Malioboro. Sekolah juga diliburkan untuk merayakan pesta demokrasi ini.

Pilkada Yogyakarta 2017 dilaksanakan untuk memilih wali kota dan wakil wali kota. Dua pasangan calon yang bertarung pada Pilkada ini adalah Imam Priyono-Achmad Fadli dan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi.

 

* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini