Sukses

Laman KPU Yogyakarta Diretas

Dengan peretasan ini KPU Ypgyakarta mengatakan masyarakat tidak perlu panik terutama saat penghitungan suara nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Laman resmi milik KPU Kota Yogyakarta yaitu www.kpu-jogjakota.go.id diretas oleh hacker. Web resmi milik KPU Kota Yogyakarta ini di hack sejak Jumat 10 Februari 2017 pagi.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto membenarkan jika web milik institusi nya diretas oleh orang tidak dikenal. Namun aksi peretasan ini mampu diatasi timnya pada siang harinya.  

"Website yang dihack memang milik KPU Kota Yogyakarta. Baru kali ini website kami dihack. Namun website itu hanya digunakan untuk mensosialiasikan kegiatan pilkada kota Yogyakarta," papar Wawan ketika dihubungi, Jumat 10 Februari 2017.

Wawan menambahkan dengan peretasan ini masyarakat tidak perlu panik terutama saat penghitungan suara nanti. Sebab semua data akan diunggah di server milik KPU Pusat.

"Tentu dengan keamanan yang lebih baik. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," jelas Wawan.

Wawan mengaku tidak akan melaporkan kasus itu ke pihak berwajib. Sebab saat ini ia sedang fokus untuk mensukseskan penyelenggaraan pilkada di Yogyakarta.

"Ini jadi perbincangan kami. Kami akan meningkatkan keamanan untuk website kami supaya tidak terulang lagi," kata Wawan.

Ketika Liputan6.com menelusuri website KPU Yogyakarta, berisi gambar kepala joker dengan rambut berwarna ungu. Selain itu terdapat pesan berjalan yang mempertanyakan kinerja KPU dan pilkada di Yogyakarta. Mereka menyatakan diri sebagai Gadjah Mada Clown Hacktivism Team dengan latar belakang warna hitam.

"Permisi pak/buk mau nanya? Bukannya Jogja dipimpin sama Sultan ya? Kan gak ada pemilu dong. Jadi gunanya KPU buat apaan ya pak/ buk?" begitu tulisan diweb itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini