Sukses

Petugas Disdukcapil Siaga Saat Pencoblosan 15 Februari 2017

Petugas akan berada di setiap kantor kelurahan, kecamatan, dan kantor wali kota saat hari pencoblosan pilkada 15 Februari 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta tetap siaga saat hari pencoblosan pilkada pada 15 Februari 2017. Tujuannya, jika ada data kependudukan yang tidak sesuai, maka bisa langsung diverifikasi.

Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan, petugas akan berada di setiap kantor kelurahan, kecamatan, dan kantor wali kota. Sehingga akan memudahkan petugas di tempat pemungutan suara (TPS) melakukan verifikasi data.

"Jadi nanti dukcapil itu tidak ada libur pada hari-H saat pemilihan. Semua buka, baik di kelurahan, kecamatan, atau di pemerintah kota kami siaga," ujar Edison, Rabu, 8 Februari 2017 seperti dilansir dari Berita Jakarta.

Edison juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk mengawasi adanya penyalahgunaan data penduduk selama pilkada. Jika ditemukan, maka diminta untuk segera melaporkan ke petugas yang berwenang.

"Masyarakat bisa ikut mengawasi, itu warga di sini atau tidak. Kalau bukan warga setempat, KPU berkewajiban untuk memverifikasi data itu ke kelurahan," kata Edison.

Sebab, pemungutan suara saat pilkada harus dilakukan sesuai dengan domisili masing-masing. Khususnya bagi warga pemegang surat keterangan (suket).

"Pemegang suket hanya bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan domisili," Edison menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini