Sukses

Anies Tolak Privatisasi Lahan Reklamasi

Anies mengharapkan lahan reklamasi yang ada saat ini bisa dinikmati publik.

Liputan6.com, Jakarta - Tiba di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing, Jakarta Utara, Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, langsung disambut meriah para pendukungnya yang terdiri dari para nelayan. Mereka adalah para peserta parade nelayan Tolak Reklamasi.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, dia datang dengan mengenakan peci hitam dan kemeja putih yang dipadu celana panjang krem. Anies datang dengan didampingi sang istri, Fery Farhati Ganis, yang juga mengenakan kemeja putih, celana panjang krem, serta dipadu dengan kerudung warna senada dan aksesoris kalung.

Sambil menyapa para warga pendukungnya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini langsung menuju panggung utama yang berlokasi persis di depan barisan para nelayan yang berdiri di atas perahu-perahu. Para nelayan ini baris berjejer sambil membawa poster yang bila digabungkan huruf-hurufnya bertuliskan TOLAK REKLAMASI.

Sementara sebagian nelayan lainnya meneriakkan yel-yel "Tolak...tolak...reklamasi. Tolak reklamasi sekarang juga...".

Anies pun menyampaikan orasinya yang berisi agar keadilan ditegakkan di Jakarta.

"Kita ingin di tanah ini ada keadilan. Kita ingin agar pemerintah melindungi rakyat kecil. Kita ingin agar para nelayan tetap sejahtera. Kita ingin agar lingkungan hidup terjaga. Karena itu semua maka kita memutuskan untuk menolak reklamasi," ujar Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan, pemerintah memiliki tanggung jawab melindungi seluruh warga Indonesia, tidak terkecuali para nelayan. Menurut dia, nelayan merupakan pihak yang paling merasakan dampak dari reklamasi.

"Kita ingin agar Jakarta ini melindungi semuanya, bukan hanya sekelompok orang. Warga Jakarta harus maju bersama, bukan maju sebagian," sambung Anies.

Menurut Anies, warga Jakarta khususnya di daerah pantai Jakarta Utara memiliki hak untuk menikmati tambahan lahan pantai. Untuk itu, dia mengharapkan tidak ada privatisasi terhadap lahan-lahan reklamasi yang sudah ada saat ini.

"Lahan yang sekarang sudah terpakai jangan dipakai untuk kepentingan komersial, tapi untuk kepentingan publik. Izinkan warga Jakarta untuk punya tambahan pantai untuk dinikmati semua warga Jakarta dan tempat ini juga menjadi tempat kehidupan bagi nelayan di Jakarta Utara," tegas dia.

Di akhir orasi, Anies kembali mengajak para pendukungnya yang terdiri dari nelayan-nelayan Cilincing untuk kerja keras memenangkan dirinya dan Sandiaga.

"Tolak reklamasi ini nggak ada artinya jika di tanggal 15 kita nggak bekerja keras. Siap kerja keras?" tanya Anies.

"Siap....!" jawab para nelayan.

 

Sebelum acara tersebut, sebanyak 150 perahu nelayan melakukan aksi konvoi berlayar dari Dermaga TPI Cilincing menuju salah satu pulau reklamasi (Pulau G) dan kembali lagi berlayar ke TPI Cilincing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.