Sukses

Janji Anies untuk Warga Kampung Akuarium

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengoreksi tindakan Pemprov DKI Jakarta saat ini terhadap warga Kampung Akuarium.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam masa kampanyenya, calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan blusukan ke kawasan penggusuran Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

"Saya tadi ngobrol dan mendengar keluhan dari seorang ibu yang paling merasakan beban dari tindakan penggusuran yang tidak berperikemanusiaan. Warga merasakan penderitaan yang luar biasa," ujar Anies.

Di Kampung Akuarium itu pula Anies berjanji akan mengembalikan hak warga setempat. Menurut dia, itu salah satu upaya mewujudkan keadilan di Jakarta.

"Ini juga mengingkatkan kami semua, ketidakadilan. Kita juga berjuang bukan masalah posisi tapi untuk mengembalikan keadilan. Di tempat ini kita melihat ketidakadilan secara gamblang. Kita ingin perjuangan di minggu terakhir diingatkan tentang mengembalikan keadilan di Jakarta," kata Anies.

Dalam kampanye blusukannya tersebut, Anies mendapatkan banyak keluhan terutama dari ibu-ibu yang harus mengelola rumah tangga dengan pendapatan minim, sampai anak-anak mereka terpaksa harus putus sekolah.

"Situasi ini mengingatkan kita lagi bagaimana mengembalikan Jakarta untuk semua. Mereka yang kaya dan yang miskin punya hak untuk dihormati oleh pemerintah," tegas Anies.

Lebih lanjut, Anies pun mengoreksi tindakan Pemerintah DKI Jakarta saat ini yang tidak mengajak masyarakat di Kampung Akuarium untuk ikut dalam mengembangkan pariwisata di kawasan ini.

"Kalau tempat ini mau dikembangkan menjadi daerah wisata atau dikembangkan untuk kegiatan ada kuliner dan lain-lain, kenapa bukan justru mengajak warga untuk mendapat manfaat?" sambung Anies.

Anies pun di hadapan warga Kampung Akuarium menyindir para penguasa saat ini yang telah menggusur warga.

"Mereka yang mendukung penggusuran rasakan sekali-kali tinggal di tempat seperti ini. Lalu bayangkan bagaimana rumah Anda yang digusur tanpa permisi. Masih mendukung penggusuran tanpa konsultasi, kompensasi?" sindir Anies.

Anies berjanji jika nanti terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta akan menata ulang kawasan Kampung Akuarium.

"Ditata ulang sehingga warga bisa kembali tinggal di sini. Kita itu akan rembuk, di debat nanti saya sampaikan bahwa kita akan rembuk bahwa nanti warga dan pemerintah diatur fasilitator dan pakar," tandas Anies.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini