Sukses

Blusukan, Djarot Jelaskan soal Penggusuran ke Warga Menteng Atas

Djarot menegaskan, yang dia lakukan bersama Ahok adalah relokasi, bukan penggusuran. Ini dilakukan agar Menteng terbebas dari banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kembali blusukan menyapa warga Ibu Kota. Saat turun ke kawasan Menteng Atas, Jakarta Selatan, dia menanggapi pertanyaan warga soalan banjir di lokasi tersebut dan isu terkait gusuran.

Dalam kesempatan itu, Djarot menegaskan bahwa dirinya dan calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak pernah menggusur warga Jakarta. Pemerintah provinsi hanya merelokasi warga sebagai salah satu upaya mengatasi banjir.

"Yang gusur itu siapa? Denger-denger toh? Jangan denger yang nggak bener. Hoax itu istilah anak muda. Yang kita pindah yang di bantaran sungai, di kolong jembatan. Itu yang harus diberikan pemukiman yang layak. Di sini mah nggak mungkin. Ini bukan di bantaran sungai kok," tutur Djarot saat blusukan di RW 15 Menteng Atas, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2017).

"Basuki-Djarot tidak pernah menggusur tapi memindahkan perumahan yang tidak layak ke tempat yang layak. Memindahkan," lanjut dia.

Dia pun merinci kawasan langganan banjir di Ibu Kota. Kini, titik tersebut terbebas dari banjir berkat program yang dilaksanakan Pemprov DKI.

"Sekarang Kampung Pulo, Bukit Duri, Grogol? Manggarai, Cempaka Putih, banjir nggak? Kalau masih banjir kan dibilang ini Basuki-Djarot kerjanya apa. Goblok itu Basuki-Djarot. Gitu," ungkap Djarot.

Dia pun menyampaikan bahwa dirinya menerima masukan dan aduan warga Menteng Atas. Sambil mengimbau agar masyarakat juga membantu pemerintah menjaga kebersihan lingkungan.

"Menteng itu kan daerah elit ya. Ini atasnya Menteng lagi. Kami akan bantu keruk secara periodik. Tapi ya kita minta tolong buang sampah itu lo. Nggak ibu-ibu doang, bapak-bapak juga, anak-anak juga," ujar Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar itu tiba di lokasi blusukan sekitar pukul 10.00 WIB. Kehadirannya langsung disambut oleh warga yang di antaranya ada anggota Komisi I DPR RI Andreas Parera.

Teriakan salam dua jari juga dikumandangkan sejumlah simpatisan dan pendukung. Djarot pun menyalami satu per satu warga dan langsung menuju posko pemenangan Ahok-Djarot.

"Kami sudah lama menunggu Pak Djarot datang ke sini dan sekarang sudah bisa datang. Nanti blusukan. Terima kasih Pak Djarot," sapa Andreas mewakili warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak 17 Desember 2014.
    Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak 17 Desember 2014.

    Djarot Saiful Hidayat

  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017

    Ahok Djarot