Sukses

KPU Ancam Pecat Penyelenggara Pilkada Nakal

KPU menilai mereka yang nakal lantaran mencederai pelaksanaan Pemilu yang demokratis.

Liputan6.com, Mamuju - Anggota KPU Provinsi Sulawesi Barat Andi Arwan Alimin berjanji akan memecat setiap penyelenggara Pilkada Sulbar yang dianggap nakal di Pilkada Sulbar yang akan digelar pada 15 Februari 2017.

"Setiap penyelenggara Pilkada Sulbar mulai dari tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemilihan setempat (PPS) di tingkat desa dan kelompok panitia pemilihan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS), akan dipecat jika melanggar karena dianggap tidak netral sebaliknya harus tetap independen di Pilkada Sulbar," kata anggota KPU Sulbar Adi Arwan Alimin di Mamuju, seperti dikuti dari Antara, Minggu (30/10/2016).

Ia mengatakan, penyelenggara Pilkada Sulbar yang 'nakal' atau yang dianggap terindikasi melanggar aturan Pilkada Sulbar harus dipecat karena akan mencederai pelaksanaan Pemilu yang demokratis.

Menurut dia, KPU akan konsisten menyelenggarakan pilkada dengan jujur adil dan lancar serta berkualitas.

"KPU akan tegas setiap melanggar harus menerima sanksi sesuai aturan yang berlaku, ini bentuk konsistensi KPU untuk juga menjaga netralitas di Pilkada Sulbar," kata Alimin.

Karena itu, Alimin juga berharap agar seluruh penyelenggara Pemilu di Sulbar dapat menjaga independensinya netral dan tidak memihak serta menyelenggarakan pemilu sesuai aturan yang ada.

"Kami harap seluruh penyelenggara dapat netral untuk perbaikan kualitas demokrasi bangsa ini," ujar Alimin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini