Sukses

KPU Kulonprogo Kembali Terima 1 Pasangan Bakal Calon Bupati

Usai menerima pendaftaran dari partai koalisi ini, KPU akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada 3-4 Oktober 2016.

Liputan6.com, Yogyakarta - KPU Kulonprogo menerima pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dalam pilkada serentak Kulonprogo 2017. Bakal calon yang mendaftar hari ini adalah pasangan HM Zuhadmono Azhari-Iriani Pramestuti. Keduanya diusung Gerindra, Demokrat, dan PKB.

"Ini sudah selesai, diusulkan oleh Gerindra, PKB, dan Demokrat," ujar Ketua KPU Kulonprogo Muhammad Isnaini, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (29/9/2016).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo Panggih Widodo mengatakan, walaupun sudah ada pendaftar dari tiga partai terakhir, pendaftaran bakal cabup dan cawabup tetap ditutup Jumat 30 September 2016. Hal ini sesuai dengan aturan KPU yang menetapkan masa perpanjangan dilakukan selama 3 hari.

Panggih mengatakan, usai menerima pendaftaran dari partai koalisi ini maka KPU akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada 3-4 Oktober 2016.

"Menutup pendaftaran 30 September 2016 pukul 24.00 WIB. Meskipun sudah tidak ada yang daftar, karena bunyi peraturan KPU sampai dengan tanggal 30 September," ujar dia.

Panggih mengatakan, KPU Kulonprogo segera melakukan verifikasi berkas calon yang sudah masuk. Masih ada waktu perbaikan berkas yang belum betul pada 7-11 Oktober 2016.

"Yang daftar dua pasangan calon. Tetapi masih kami verifikasi. Jadi bisa tidak lolos salah satu atau dua duanya atau lolos semua," ujar dia.

Hingga batas pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Pilkada Kulonprogo pada Jumat 23 September 2016, hanya ada satu pasangan calon yaitu Hasto Wardoyo-Sutedjo. Sehingga KPU Kulonprogo memperpanjang masa pendaftaran pada 28-30 September 2016.

Hasto Wardoyo-Sutedjo merupakan calon petahana. Pasangan diusung tujuh parpol yaitu PDIP, PAN, Golkar, Nasdem, Hanura, PKS, dan PPP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini