Sukses

Hasil Survei Nama-Nama Kader PDIP Layak Cagub Selain Risma

Survei dilaksanakan 2-5 September 2016 dengan metode wawancara tatap muka.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dinilai bisa menjadi lawan sebanding untuk calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Namun hasil lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) terbaru menunjukkan, selain  Risma, ada banyak kepala daerah asal PDIP yang bisa menjadi 'kuda hitam' di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Sebagai penentu konstelasi politik di Pilgub DKI, ternyata PDI Perjuangan punya banyak kepala daerah berprestasi yang dinilai publik bisa jadi kuda hitam," kata salah satu pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio dalam rilisnya di Jakarta, Senin 19 September 2016.

Hendri berujar, survei KedaiKOPI menunjukkan hanya 30 persen warga DKI yang setuju PDIP mengusung Ahok di Pilgub DKI. Sementara 61 persen mendorong partai banteng moncong putih itu mengusung kader sendiri.

"Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat 57,5 persen, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas 16,0 persen, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo 8,8 persen, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo 8,0 persen,
 Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah 7,0 persen‎ dan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah 6,5 persen," jelas Hendri.

Survei dilaksanakan 2-5 September 2016 dengan metode wawancara tatap muka.‎ Ada 400 responden yang terlibat pada survei ini tersebar proposional di 40 kelurahan di 6 Kabupaten/Kota di DKI Jakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode sampel ‎acak bertingkat dengan margin of error (MOE) sebesar +/- 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.