Sukses

Ratusan Polisi Amankan Rekapitulasi Suara Pilkada Sumenep

Mereka bertugas mengamankan rekapitulasi suara hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2015.

Liputan6.com, Sumenep - Sebanyak 422 polisi disiagakan di Sekretariat KPU Sumenep, Madura. Mereka bertugas mengamankan rekapitulasi suara hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2015.

"Kami juga melibatkan personel Brimob Polda Jawa Timur untuk mengamankan pelaksanaan rekapitulasi suara hasil pilkada di tingkat kabupaten, yakni sebanyak 1 kompi," ujar Kasubag Humas Polres Sumenep Ajun Komisaris Hasanuddin di Sumenep, Kamis (17/12/2015) seperti yang dilansir Antara.

Pilkada Sumenep 2015 diikuti 2 pasangan calon, yakni A Busyro Karim-A Fauzi dengan nomor urut 1 dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah nomor urut 2.

Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Sumenep, rapat pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara hasil pilkada tingkat kabupaten dilaksanakan pukul 10.30 WIB tadi.

"Sesuai prosedur pengamanan, setiap warga yang diundang untuk menghadiri rekapitulasi suara tersebut digeledah badan oleh anggota sebelum masuk ke area dalam kantor KPU," kata Hasanuddin.

Dia juga mengemukakan, sesuai hasil koordinasi dengan jajaran KPU Sumenep, hanya warga yang diundang dalam rekapitulasi perolehan suara hasil pilkada yang diperkenankan masuk ke area kantor KPU.

Komisioner KPU Sumenep Rahbini menjelaskan, pihaknya siap melaksanakan rapat pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi penghitungan dan penetapan perolehan suara.

"Sesuai hasil koordinasi terakhir, perwakilan dari 27 PPK se-Sumenep dalam posisi siap menghadiri rapat pleno terbuka di kantor KPU pada Kamis ini. Perwakilan dari PPK wilayah kepulauan pun sudah berada di Kecamatan Kota," Rahbini menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.