Sukses

Komunitas Jawa di Bengkulu Dukung Ridwan-Rohidin

Komunitas masyarakat Jawa perantauan yang terdata di Provinsi Bengkulu sudah lebih dari 500 ribu orang.

Liputan6.com, Bengkulu - Komunitas masyarakat perantauan dari Pulau Jawa di Bengkulu sepakat mendukung calon gubernur yang memiliki integritas dan jaringan yang luas di level nasional dalam pertarungan Pilkada Serentak 9 Desember 2015.

Para tokoh masyarakat Jawa di Bengkulu mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon gubernur Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah dalam pagelaran seni Jawa yang dipentas di Gedung Balai Buntar.

Dukungan itu dihadiri tidak kurang dari 1.000 warga Jawa perantauan yang mayoritas merupakan masyarakat transmigrasi pada 1961.

Sesepuh Ikatan Keluarga Jawa Timur Soeparno mengatakan, komunitas masyarakat Jawa perantauan yang terdata di Provinsi Bengkulu sudah lebih dari 500 ribu orang. Artinya mereka memiliki total suara lebih dari 25 persen dan menyebar di seluruh kabupaten/kota.

"Ini kekuatan politik kami untuk mengambil sikap siapa pemimpin yang akan dipilih. Tentu saja dengan berbagai pertimbangan dan logika," ujar Soeparno di Bengkulu, Selasa (1/12/2015).

Turut hadir dalam deklarasi dukungan, tokoh masyarakat Jawa Barat Muslihan Diding Sutisna, tokoh Jawa Tengah Saikoen Wirjo Moerdjito, dan tokoh Banten Abdoel Muhi Arsyad.

Menurut Muslihan, pasangan calon Ridwan-Rohidin sudah teruji secara kemampuan dan memiliki komitmen yang tinggi untuk lebih memperhatikan nasib para perantauan khususnya warga transmigrasi.

Ridwan yang pernah menjadi anggota DPR, Bupati kabupaten Musi Rawas selama 2 periode dan digandeng Rohidin Mersyah, birokrat yang menjabat wakil bupati kabupaten Bengkulu Selatan.

"Pasangan ini berlatar belakang pendidikan tinggi dan menyandang gelar Doktor di bidang masing masing, tentu saja kemampuan dan integritas mereka tidak diragukan lagi," tegas Muslihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini