Sukses

AC Mobil Bau Gosong, Begini Cara Mengatasinya

Bau gosong yang tercium di bagian kabin memang berasal dari bagian kompresor, tapi bukan berarti kompresornya yang mengalami kerusaka.

Liputan6.com, Jakarta - Bau gosong pada mobil bisanya terjadi pada bagian sektor jantung pacu atau mesin. Selain karena overheat atau kepanasan, bau gosong juga bisa disebabkan sistem kelistrikan mengalami masalah.

Namun selain itu, ada juga penyebab bau gosong yang ternyata terjadi pada bagian penyejuk udara atau air conditioner (AC).

Jika pada bagian AC mengalami hal semacam itu, maka Anda tak perlu khawatir. Akan tetapi ada baiknya mobil segera ditangani oleh mekanik ahli.

Namun begitu, berdasarkan situs resmi bengke AC Rotary Bintaro, ada juga beberapa cara untuk mengatasi agar tidak terjadi bau gosong pada AC mobil.

Mau tahu caranya, berikut tipsnya.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Oli kompresor dan kompresor merupakan dua komponen yang sangat berbeda. Bau gosong yang tercium di bagian kabin memang berasal dari bagian kompresor, tapi bukan berarti kompresornya yang mengalami kerusakan melainkan oli kompresornya.

Ini berarti oli kompresor harus segera diganti agar bau gosong pada AC mobil perlahan-lahan akan hilang.

Mengganti oli kompresor tidak boleh asal-asalan, melainkan harus sesuai dengan tipe dan standar oli kompresor yang Anda gunakan sebelumnya. Jangan pernah tergiur dengan harga oli kompresor yang murah. Karena kebanyakan “barang murah” memiliki kualitas yang “buruk”.

Lebih baik memilih oli kompresor yang “agak” mahal, namun berkualitas demi kesehatan dan keterawatan AC mobil Anda.

3 dari 4 halaman

2. Membersihkan Evaporator

Evaporator merupakan komponen AC mobil yang sudah tidak asing lagi di telinga. Evaporator ini sendiri berfungsi untuk menyalurkan “udara dingin” dari freon ke bagian kabin mobil.

Bisa dibayangkan jika evaporator kotor, proses penyaluran udara ke kabin mobil pun akan terhambat sehingga suasana kabin pun berubah menjadi panas. Parahnya lagi, evaporator bisa saja dihinggapi oleh jamur dan lumut. Sehingga udara yang dihembuskan AC mobil bukan lagi udara segar melainkan udara berbau busuk.

Untuk itulah mengapa membersihkan evaporator secara berkala itu penting. Langkah-langkah membersihkan evaporator yang umumnya dilakukan di bengkel mobil, antara lain:

- Melepaskan evaporator dari dashboard secara perlahan agar tidak merusak komponen lainnya

- Mencuci evaporator dengan menyikat seluruh bagian yang dihinggapi debu, kotoran, jamur, dan lumut

- Diamkan evaporator yang sudah bersih selama beberapa menit. Kemudian angkat dan pasang kembali ke tempatnya semula

 

 

4 dari 4 halaman

3. Mengganti Freon yang Berkualitas

Freon yang paling banyak digunakan di AC mobil adalah freon berbentuk kaleng. Karena lebih simpel dan praktis saat digunakan. Tapi, tidak semua bengkel AC mobil menjual freon dengan kualitas yang bagus.

Sebagian bengkel AC malah menjual freon abal-abal karena harganya jauh lebih murah. Padahal freon abal-abal sangat berdampak buruk. Tidak hanya bagi kelangsungan hidup AC mobil, tapi juga bagi kelangsungan hidup Anda karena freon abal-abal dapat menyebabkan kematian.

Itulah sebabnya kenapa kualitas selalu menjadi nomor satu. Freon berkualitas bekerja dua kali lipat lebih bagus dan memberikan fungsi optimal. Hanya saja, freon berkualitas memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan freon abal-abal. Tapi demi AC mobil yang awet, tahan lama, dan tidak berbau gosong, freon berkualitas mungkin jadi pilihan terbaik untuk AC mobil Anda.

AC mobil yang bermasalah harus segera diperbaiki. Apabila alat-alat yang diperlukan memadai, Anda bisa memperbaiki AC mobil sendiri di rumah. Tapi jika kerusakan pada AC mobil parah, lebih baik dibawa ke bengkel khusus AC mobil saja agar hasilnya lebih efektif dan efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.