Sukses

Biaya Servis Porsche Setara Satu Honda Scoopy, Ini Rinciannya

Biaya service Porsche bisa mencapai Rp 11 juta hingga Rp 23 jutaan.

Liputan6.com, Jakarta - Porsche Indonesia menyediakan berbagai pilihan model mobil berkualitas premium untuk konsumennya di Indonesia. Dengan harga yang cukup fantastis untuk satu unit, tentu biaya perawatan bisa dipastikan memiliki harga yang tinggi juga.

Service Manager Porsche Centre Jakarta, Christian Degraal, mengatakan servis Porsche berbeda dengan mobil pada umumnya yang tergantung pada kilometer. Porsche diservis berdasarkan capaian tahun, di mana tahun pertama hanya diutamakan untuk ganti oli saja.

"Untuk Porsche biaya ganti oli tahun pertama sekitar Rp 6,5 juta itu paling mahal. Olinya 0W-40 SAE-nya, kalau Diesel dia pakai 5W-40," ujar Christian di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Memasuki tahun kedua yakni intermediate service, barulah biaya servis bisa setara dengan satu unit Scoopy bekas tahun 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Tahun ke dua Rp 11,2 jutaan sudah termasuk sparepart dan jasa, penggantian oli, penggantian minyak rem dan filter AC, dan beberapa pengecekan lainnya," jelas Chris.

Biaya jasa juga dihitung per jam, yaitu Rp 900 ribu per jam. Sedangkan penggantian oli dibutuhkan 1,5 jam.

"Itu di luar final inspection dan kebersihan kendaraan,” katanya.

Pada tahun ketiga, biaya servis akan sama seperti awal yaitu Rp 6,5 juta. Sedangkan major service di tahun keempat, di tahap ini akan banyak penggantian dan pengecekan. Di antaranya penggantian oli, oli filter dan filter udara, filter AC, minyak rem, busi, pengecekan oli transmisi, dan pengecekan timing.

"Tahun keempat sekitar Rp 23 juta," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.