Mau Beristirahat Nyaman di Dalam Mobil? Simak 9 Tipsnya

Oleh Herdi Muhardi pada 14 Feb 2018, 06:02 WIB
Mengantuk di dalam mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara mobil jarak jauh atau saat macet pasti akan membuat tubuh terasa letih. Menguap, mungkin salah satu tanda bahwa kondisi tubuh sudah mulai menurun dan perlu istirahat.

Tentu saja, jika hal di atas terjadi, disarankan tidak memaksakan diri. Ada baiknya untuk menepi atau beristirahat agar tubuh Anda kembali bugar. Minimal tidak lagi mengantuk.

Seperti dilansir situs resmi Nissan, jika mengalami keletihan saat mengemudi ada baiknya Anda beristirahat sejenak di mobil selama kurang lebih 30 menit.

Pasalnya, tak sedikit kecelakaan yang terjadi lantaran mereka mengemudi dalam keadaan mengantuk. Hal ini justru mengancam tak hanya si pengemudi namun orang lain.

Namun, ada beberapa hal yang juga yang perlu dipertimbangkan saat beristirahat, antara lain:

 

1 of 10

1. Cari Lokasi Aman

Carilah lokasi yang aman untuk parkir mobil. Seperti tempat parkir atau halaman di tempat-tempat keramaian seperti masjid, restoran, sekolah, kampus, mall, SPBU, mini market, dan rest area

 

 

 

2 of 10

2. Menghindari Tempat Berisiko

Jangan sembarangan beristirahat di bahu jalan atau di pinggir jalan dengan kondisi ban menyentuh aspal bahu. Hal ini berisiko dapat ditabrak atau diserempet kendaraan lain yang melintas.

Tempat sepi seperti pinggir taman, hutan, dan bangunan kosong juga harusdihindari karena tempat ini rawan perampokan dan pencurian.

 

3 of 10

3. Sembunyikan Barang Berharga

Sembunyikan barang bawaan Anda yang mengundang orang-orang berniat jahat. Simpan dompet, tas, HP, uang, dan sebagainya di bawah kursi dan laci mobil.

Kosongkan semua barang di dashboard karena tempat ini paling mudah terlihat dari luar.

4 of 10

4. Buka Jendela

Buka jendela sedikit saja untuk menjaga sirkulasi udara. Buka jendala yang cukup untuk pergantian udara namun tidak melebihi dua jari Anda.

5 of 10

5. Matikan Mesin dan AC

Ada banyak kejadian driver yang meninggal dunia akibat tertidur di mobil dalam keadaan mesin dan AC menyala karena menimbulkan racun gas monoksida yang membahayakan Anda. Jadi, sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil.

 

6 of 10

6. Kunci Semua Pintu

Saking mengantuknya, bisa jadi Anda lupa mengunci pintu mobil. Pastikan Anda mengunci semua pintu untuk keamanan diri Anda.

7 of 10

7. Cari Tempat Teduh

Bila Anda ingin beristirahat di siang hari, carilah tempat yang tidak hanya aman tetapi juga teduh. Selain Anda tetap merasa nyaman, mobil juga tidak akan kepanasan.

8 of 10

8. Atur Posisi Kursi

Atur kursi mobil. Dorong jok mobil sejauh mungkin ke arah belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai Anda mendapatkan posisi paling nyaman bagi tubuh.

9 of 10

9. Menyegarkan Tubuh

Nah, apabila Anda sudah selesai beristirahat, jangan langsung berkendara. Turun dan lemaskan otot-otot Anda serta minum air putih. Bila ada kamar mandi umum di dekat tempat mobil parkir, basuh muka Anda agar kembali segar.

Lanjutkan Membaca ↓