Sukses

Ingat, Jangan Pindahkan Perseneling di Tanjakan atau Turunan

Untuk menahan laju kendaraan di turunan, padukan penggunaan rem dengan engine brake.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kasus kecelakaan terjadi di jalur perbukitan, dengan kontur tanjakan atau turunan. Terlebih, bagi pengemudi awam yang belum terbiasa menghadapi kondisi jalan tersebut, dan  ditambah dengan kondisi lalu lintas yang macet atau padat.

Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), untuk menahan laju kendaraan di jalan menurun, selain menggunakan rem lebih bagus ditambah dengan menggunakan engine brake.

"Menahan laju kendaraan dengan menempatkan posisi gigi yang lebih rendah. Namun demikian, perpindahan gigi jangan dilakukan saat mau turun atau menanjak. Tapi, lakukan di punggung bukit," jelas Jusri saat berbincang dengan Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Pria ramah ini melanjutkan, jika pengendara memindahkan perseneling di tanjakan atau turunan, maka akan kehilangan momentum. "Banyak mobil atau truk yang kehilangan momentum, dan mundur nabrak orang lain atau masuk jurang," tambahnya.

Ketika berada di turunan dan melakukan perpindahan gigi, maka laju kendaraan akan lebih cepat. Dengan begitu, pasti akan menimbulkan beban yang berat pada rem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu Injak Rem saat Pindah Gigi di Jalan Menurun

Ketika berada di jalan tanjakan atau turunan, memang sebaiknya jangan memindahkan perseneling. Sebagai contoh, ketika melaju dari bawah ke atas, mobil bergerak dengan tenaga dan momentum dari kecepatan masa sebelumnya.

"Ketika kita bergerak sudah di atas, tapi belum sampai puncak, dan injak kopling untuk pindahkan perseneling, gas akan lepas dan momentum turun. Jika itu dipelihara, bakal jadi bumerang buat kita, karena kecepatan lambat, rpm tinggi, kemiringan tanjakan, mobil akan melorot," tegasnya.

Begitu juga dengan jalan di turunan, sebaiknya jangan memindahkan perseneling. Namun, ketika terpaksa harus memindahkan perseneling, selalu injak rem, dan jangan hanya menginjak kopling untuk pindah gigi.

"Berbeda dengan melaju di permukaan datar, karena saat turun ketika kopling diinjak, mobil akan meluncur lebih cepat. Jika kebiasaan tersebut dipelihara, maka pengemudi akan mengalami disorientasi saat di jalan menurun, dan biasanya panik jika mobil melaju lebih cepat, terlebih untuk pengemudi awam," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.