Sukses

Nissan XMotion, Memadukan Teknologi Modern dan Kebudayaan Jepang

Nissan menampilkan mobil konsep terbarunya, XMotion, di ajang Detroit Auto Show 2018

Liputan6.com, Detroit - Nissan mengenalkan crossover terbarunya, Nissan XMotion di Detroit Auto Show 2018. Mobil konsep terbarunya ini merupakan gambaran SUV yang menarik untuk masa depan karena dibalut dengan konsep interior tradisional Jepang.

Dilansir Carscoops, SUV Nissan ini memiliki desain yang hampir sama dengan Nissan IDx, namun dengan desain yang lebih besar. Desain eksteriornya bernuansa powerful dynamic dengan beberapa lekukan yang indah pada bodinya, termasuk keunikan berbentuk U dan gril V-motion khas Nissan.

Pada bagian dalam, perhatian tersita pada konsol tengah yang didesain menarik karena berbahan kayu pohon cedar yang konon merupakan pohon yang dianggap suci di Jepang. Pihak Nissan mengatakan desain itu menggambarkan konsol sebagai sebuah jembatan, sedangkan bagian lantai kabin mobil diibaratkan sungai. Dengan desain futuristik, SUV ini dilengkapi posisi duduk 4 + 2 yang unik. 

Mobil yang dapat membawa enam penumpang ini secara keseluruhan memiliki konsep seperti mobil konsep Toyota FT-AC yang dipamerkan pada LA Auto Show lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Berbicara tentang posisi tempat duduk yang menarik, ada tiga baris di dalam kendaraan dengan dua kursi untuk setiap baris, sehingga total enam penumpang berada di dalam kendaraan sekaligus. Sebuah konsol tengah memanjang yang tampak berjalan sepanjang seluruh kabin diposisikan di antara jok.

Seluruh dasbor XMotion dilapisi dengan layar: tiga yang besar di tengahnya dengan dua yang lebih kecil di setiap sisinya. Layar yang cukup besar di langit-langit, disebut Nissan sebagai "cermin ruang digital", menggantikan kaca spion seperti pada umumnya. Terakhir, ada layar di konsol tengah.

Layar ini bisa dikontrol dengan gerakan isyarat dan gerakan mata. Namun Nissan mengklaim sistem komando suara dan kontrol intuitif akan membantu pengemudi tetap fokus.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dalam hal teknologi, Nissan XMotion juga mengusung beberapa fitur keren. Pertama, semua layar di mobil ini bisa menangkap perintah melalui hand & eye movement, voice recognition, dan perintah manual. Selain itu, Nissan XMotion juga punya sensor biometrik berupa fingerprint sensor untuk menyalakan mesin mobil.

Fitur teknologi utama lainnya adalah masuknya sistem semi-nirsopir ProPilot milik Nissan yang didampingi oleh virtual personal assistant berupa gambar ikan koi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.