Begini Bocoran Wujud Datsun Cross di Indonesia

Oleh Herdi Muhardi pada 13 Jan 2018, 13:00 WIB
Datsun Go-Cross Konsep Goda Konsumen Negara Barata

Liputan6.com, Jakarta - Datsun Indonesia siap menambah model terbarunya yang disebut Datsun Cross. Mobil ini rencananya akan diluncurkan pekan depan atau tepatnya 18 Januari 2018.

Sebelum Datsun Cross resmi meluncur, Datsun Indonesia rupanya telah membuat sebuah video teaser tentang kemunculan mobil tersebut.

 

Setidaknya video teaser ini diunggah akun Instagram @flo.thfluffy yang tak lain merupakan Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

“18.01.18,” demikian catat singkat yang diberikan @flo.thfluffy dengan dibubuhi sejumlah tagar #worldpremiere #datsun #datsuncross #datsunid #crossover #cvt #jakarta #indonesia #2018 #newcar.

Dalam video berdurasi kurang lebih 15 detik itu terlihat sosok Datsun Cross berwarna kuning  dari beberapa sisi. Meski terlihat sedikit redup, namun beberapa detail  tampang mobil ini masih terlihat.

Jika dilihat secara seksama, tampilan Cross memang terlihat mirip seperti saat dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016.

Menariknya, mobil ini juga ternyata akan disematkan pilihan Continuously Variable Transmission (CVT) yang diklaim akan lebih halus saat berakselerasi.

Lihat videonya di bawah ini:

 

1 of 3

Datsun Cross Pasti Gunakan CVT, Ini Buktinya

Datsun Cross (Foto:Istimewa)
Datsun Cross (Foto:Istimewa)

Kepastian Datsun Cross yang mengadopsi transmisi CVT disampaikan oleh Datsun melalui rilis resmi yang masuk ke redaksi Liputan6.com.

Menurut Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Datsun Cross mengadopsi teknologi dari CVT milik Nissan.

"Dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, lebih nyaman, dan lebih efisien,” ungkapnya melalui keterangan tertulis.

 

2 of 3

Selanjutnya

CVT Datsun Cross
CVT Datsun Cross (Datsun Indonesia)

CVT memang memiliki karakter berbeda dibanding transmisi otomatis lainnya yang beredar di Indonesia. CVT bekerja secara halus karena rasionya dapat berubah menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakter berkendara.

Untuk diketahui, mobil bertransmisi CVT dengan harga di bawah Rp 200 juta memanglah tidak banyak, pilihan yang cukup populer adalah Honda Brio Satya.

Sedangkan mobil bertransmisi otomatis lainnya mengadopsi sistem planetary gear (konvensional) seperti Toyota Agya, atau AMT (Automated Manual Transmission) yang digunakan pada Suzuki Ignis.

Lanjutkan Membaca ↓
<\/div>