Kematian Pelawak Picu Regulasi Keselamatan Berkendara

Oleh Arie Mega Prastiwi pada 13 Jan 2018, 18:07 WIB
13-1-1962: Kematian Komedian Telurkan Regulasi Keamanan Mobil AS

Liputan6.com, Jakarta Pada 13 Januari 1962, Ernie Kovacs, pelawak legendaris yang memandu acara televisi populer era 1950-an tewas pada usia 42 tahun.

Penyebabnya, mobil Chevrolet Corvair yang ia kendarai menabrak tiang listrik di Los Angeles, California. Kala itu, sang bintang menyetir di tengah hujan badai.

 

Di dalam mobilnya, polisi menemukan sebuah cerutu yang belum terbuka. Polisi berspekulasi ia tengah mengambil cerutu dan kehilangan kontrol kendaraan.

Kovacs kerap kali tampil dalam pertunjukannya dengan gayanya yang khas: sambil mengisap cerutu.

Dikutip dari History, kematian Kovacs membuat mobil Chevrolet Covair "terkenal" dalam arti negatif.

Adalah Ralph Nader yang mengeluarkan buku pada 1965 yang berjudul Unsafe at Any Speed: The Designed-In Dangers of the American Automobile, tentang ketidakamanan mobil-mobil di Amerika Serikat.

Salah satu kutipan buku itu mengambil contoh insiden kematian sang komedian dengan mobil Covair yang menewaskannya. 

1 of 4

Selanjutnya

Bupati Bungo Kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan (Foto: Istimewa/B Santoso)

Ralph Nader, lahir pada 1934 dan lulus dari Universitas Princeton dan Harvard Law School, menerbitkan Unsafe at Any Speed pada saat industri otomotif AS sebagian besar belum memberlakukan aturan keselamatan.

Bukunya menuduh perusahaan mobil merancang kendaraan dengan penekanan pada gaya dan kekuatan dengan mengorbankan keselamatan konsumen.

Satu bab dari Unsafe at Any Speed berfokus pada penanganan masalah dengan Chevrolet Corvair, sebuah mobil yang diproduksi oleh raksasa otomotif General Motors (GM).

Pada Februari 1966, Nader bersaksi di hadapan Kongres AS tentang beberapa isu dalam bukunya .

Tak lama setelah bersaksi di Kongres, media melaporkan bahwa Nader telah dikuntit oleh sejumlah detektif.

 

2 of 4

Selanjutnya

Bupati Bungo Kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan(Foto: Dok Polres Tebo/B Santoso)

Belakangan, diketahui GM telah mengirim penyidik ​​untuk memata-matai Nader dan mencari-cari aib dalam kehidupan pribadinya, dalam upaya untuk mendiskreditkannya.

Nader menuntut GM atas tuduhan melakukan pelecehan dan pelanggaran privasi. Ia pun memenangi tuntutannya.

Publisitas seputar tindakan GM membuat Unsafe at Any Speed menjadi best seller dan menjadikan Nader makin terkenal. 

Advokasi publik Nader mengenai isu keselamatan kendaraan yang turut menyebabkan berlakunya Undang-Undang Keselamatan Lalu Lintas dan Kendaraan Bermotor tahun 1966.

Peraturan itu berusaha mengurangi meningkatnya jumlah korban luka dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas dengan menetapkan standar keselamatan federal untuk setiap kendaraan buatan Amerika Serikat, termasuk sabuk pengaman untuk semua penumpang.

 

3 of 4

Selanjutnya

Kecelakaan Bus Wisata Meksiko
Ilustrasi kecelakaan. (Novedades de Quintana Roo via AP)

Corvair, paling menderita penjualannya karena publisitas negatif dari buku Nader dan juga tuntutan hukum konsumen (sistem suspensi mobil disalahkan karena rollover). Kendaraan yang merenggut nyawa sang komedian itu akhirnya dihentikan produksinya oleh GM pada 1969.

Selain keselamatan mobil, Nader terus mengajukan advokasi sederet daftar panjang penyebab kerugian konsumen lainnya, termasuk keamanan makanan dan obat-obatan.

Meski telah terkenal dalam usaha perlindungan konsumen AS, Nader gagal memuluskan niatnya jadi capres AS.

Kembali ke sang komedian, dalam sebuah kebetulan yang pahit, salah satu dari tiga anak Kovac kemudian terbunuh dalam sebuah kecelakaan mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓