Sukses

Robot-Robot Honda yang Unik dan Lucu, tapi Tetap Fungsional

Ajang CES 2018 jadi kesempatan Honda mengenalkan desain kendaraan robot konsep terbarunya.

Liputan6.com, Las Vegas - Dalam ajang Consumer Electronics Show 2018 (CES) yang berlangsung 9-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, Honda memamerkan sejumlah kendaraan robot terbarunya.

Honda mengenalkan fungsi dan desain robot serta Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dikembangkan dengan konsep 3E (Empower, Experience, Empathy). Prinsip 3E ini menjadi fokus utama Honda yaitu robotika, mobilitas dan manajemen energi.

"Kami telah memasuki era di mana robot akan menjadi esensial di keseharian kita, dan robot memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia," kata President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto, Kamis (11/1/2018).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3E-Empower

"Empower", mencerminkan sebuah konsep di mana robot dan manusia dapat bekerja sama dengan memperkuat kelebihan masing-masing. Honda mendemonstrasikan ide ini melalui 3E-D18, sebuah robot otonom dengan teknologi AI yang dilengkapi dengan drivetrain bertenaga listrik dan dapat membantu berbagai aktivitas manusia, seperti Search and Rescue (SAR), pemadam kebakaran, konstruksi, agrikultur, dan pekerjaan rumah tangga. Ada juga 3E-B18 yang bisa digunakan sebagai kereta barang.

3 dari 4 halaman

3E –Experience

Robot dengan konsep “Experience” menggambarkan sebuah kondisi di mana manusia dan robot dapat bertumbuh bersama melalui interaksi satu sama lain. Konsep ini didemonstrasikan kedalam robot 3E-C18, sebuah robot elektrik berukuran kecil yang dibuat sebagai platform mobil yang mendukung aktivitas manusia.

Robot ini sudah dilengkapi AI yang bisa mengobservasi bagaimana orang-orang berinteraksi, serta beroperasi secara otonom. Sedangkan platform yang berbentuk kereta dapat berfungsi sebagai pembawa barang, yang dilengkapi sebuah kanopi dan memiliki fungsi setir.

4 dari 4 halaman

3E –Empathy

Konsep di mana robot dapat memiliki empati saat melakukan kegiatan bersama manusia. Untuk mewujudkan konsep ini, Honda mendemonstrasikan robot 3E-A18 yang telah menggunakan AI untuk dapat menjadi pemandu di beberapa tempat seperti bandara dan pusat perbelanjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini