4 Langkah Jitu agar Power Window Tidak Macet

Oleh Yurike Budiman pada 04 Jan 2018, 15:16 WIB
Toyota Tarik 6,5 Juta Mobil Karena Masalah Power Window

Liputan6.com, Jakarta - Power window memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengendara dan penumpang untuk membuka dan menutup jendela mobil. Terkadang power window bisa tiba-tiba macet sehingga kaca jendela mobil tak mampu beroperasi dengan optimal. Hal ini bisa membuat kaca mobil menjadi miring atau tidak menutup sempurna.

Dikutip dari laman daihatsu.co.id, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan menjaga agar power window tidak macet:

1. Periksa power window mobilmu setiap enam bulan sekali.

Rutinlah memeriksa setiap enam bulan sekali. Bila jalanan yang sering kamu lalui sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering, karena debu dapat merusak power window mobilmu.

2.Gunakan silicon spray untuk membersihkan karet kaca mobilmu.

Caranya cukup menyiapkan silicone spray yang bisa didapat dengan mudah di pasaran. Jangan menggunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik. Selain itu, perhatikan juga karet penghalang debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan. Semprot sepanjang jalur karet dan termasuk karet yang menempel pada frame pintu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 of 2

Selanjutnya

Tips Otomotif
Ilustrasi power window (Herdi/Liputan6.com)

3. Bersihkan rel power window yang kotor.

Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap bagus, disarankan untuk rutin mencuci mobil setelah melakukan perjalanan jauh. Jika komponen rel kaca ini diabaikan keberadaannya, kaca jendela tidak dapat bekerja dengan maksimal karena sulit dioperasikan secara elektris. Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan sampo mobil dengan kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet dapat terjaga.

4. Pergunakan power window seperlunya saja.

Terakhir untuk menjaga kondisi jendela mobil agar tetap awet, sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja. Ingat, jangan menarik kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Sebaiknya kamu juga tidak perlu sering menarik kaca ke bawah jika sedang melewati jalanan berdebu atau setelah melalui daerah yang berdebu.

Lanjutkan Membaca ↓