Sukses

Toyota Produksi Mobil Murah 2013

Mobil tersebut dijual paling mahal 900 ribu yen (US$ 10.750 atau sekitar Rp 96 juta). Jika terwujud ini menjadi mobil Toyota termurah di pasar global.

Liputan6.com, Tokyo: Daihatsu, anak perusahaan produsen otomotif Jepang, Toyota, akan memproduksi mobil berharga murah di Indonesia pada 2013. Mobil tersebut bakal dijual di pasar Asia Tenggara, seperti ditulis Nikkei, Rabu (16/2).

Berkaca dari keahliannya dalam memproduksi mobil kecil mungil, Daihatsu berencana mengembangkan kendaraan hemat BBM di Indonesia. Mereka juga akan memasuk 70 persen produksinya untuk dijual di bawah brand Toyota.

Mobil tersebut dijual paling mahal 900 ribu yen (US$ 10.750 atau sekitar Rp 96 juta). Jika terwujud ini menjadi mobil Toyota termurah di pasar global.

Kendaraan baru itu akan sedikit lebih kecil dibandingkan Etios--sedan kecil strategis yang diluncurkan Toyota di India tahun kemarin.

Daihatsu yang memiliki pabrik di Jakarta mampu merakit 280 ribu kendaraan per tahun. Perusahaan itu berencana membelanjakan 20 miliar yen untuk membangun pabrik baru yang memiliki kapasitas tahunan awal 100 ribu unit.

Toyota dan Daihatsu adalah produsen otomotif terbaik pertama dan kedua di Indonesia. Mereka menguasai 53 persen pangsa pasar. Bulan lalu Daihatsu mengumumkan akan menarik pasar Eropa dalam dua tahun ke depan karena merugi.(Ant/Nikkei/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini