Sukses

Kendaraan Listrik Roda Tiga Beredar di Lingkungan Kampus IPB

Viar bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengembangkan kendaraan penumpang roda tiga bertenaga listrik

Liputan6.com, Bogor - PT Triangle Motorindo (TM) sebagai produsen Viar Motor makin gencar dalam mengampanyekan kendaraan listrik. Terbaru, pabrikan yang basis produksinya di Semarang, Jawa Tengah tersebut bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengembangkan kendaraan penumpang roda tiga bertenaga listrik.

"Kami harap kerja sama ini dapat membangkitkan semangat Institusi Pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaiknya untuk masyarakat Indonesia," terang Presiden Direktur PT. Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman dalam keterangan resminya, Jumat (15/12).

Disebutkan, sedikitnya 5 unit kendaraan roda tiga bertenaga listrik akan dijadikan proyek uji coba sebagai kendaraan operasional di lingkungan kampus dan akan terus bertambah dengan target awal sebanyak 30 unit.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyebutkan, latar belakang kerja sama ini ditujukan untuk mewujudkan mimpi ITB untuk bebas dari kendaraan bermotor di lingkungan kampus pada 2020. Menurut Herry, sejak 2015 IPB telah mencanangkan program Green Transportation di dalam lingkungan kampus sebagai salah satu kontribusi kami mengurangi tingkat polusi akibat gas buang kendaraan.

"Sebagai langkah awal, kami telah mengajak dosen maupun staf kampus menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional dalam area kampus sekaligus sebagai contoh bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lain," ujar Herry.

Saat ini, model purwarupa kendaraan roda tiga listrik diujicobakan sebagai armada operasional untuk mengangkut mahasiswa yang ingin menuju gedung lain atau laboratorium.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Dukungan

Sementara itu, Kartiman berharap, pihaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Pusat, Kemenristek, dan juga Kementerian Perhubungan karena PT. Triangle Motorindo telah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung program Pemerintah seperti yang tertuang dalam Perpres nomor 22 tahun 2017.

"Termasuk kendaraan roda tiga penumpang listrik, kami sangat berharap kendaraan tersebut dapat diberikan ijin layak jalan untuk masyarakat umum, tidak seperti sekarang (roda tiga konvesional) yang hanya diberikan ijin untuk kendaraan Organda." ujarnya.

Kartiman juga menyatakan bahwa PT Triangle Motorindo sangat terbuka dengan kerja sama dalam bidang riset dan pengembangan bersama dengan berbagai institusi pendidikan dan intitusi lainnya.

3 dari 3 halaman

SPLU

Sebagai informasi, penandatangan bentuk kerja sama yang tertuang dalam nota kesepahaman kedua belah pihak disaksikan oleh perwakilan Dosen, Dekan, dan mahasiswa IPB.

Selain itu, turut hadir perwakilan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor yang ikut mendukung hadirnya kendaraan listrik di lingkungan IPB dengan membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di beberapa titik dalam area kampus IPB.

Untuk diketahui, kendaraan penumpang mengunakan sumber daya motor listrik yang sedang dikembangkan saat ini menggunakan spesifikasi dari motor niaga roda tiga Viar Karya yang diriset ulang oleh IPB menjadi kendaraan berkapasitas empat penumpang.

Pengembangan kendaraan penumpang dipimpin oleh Dr. Desrial selaku Direktur YARI-IPB, akan melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin bertenaga listrik yang telah berhasil diciptakan oleh Dr, Desrial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Viar