Pesan Toyota Rush Terbaru, Sampai Garasi Februari atau Maret 2018

Oleh Herdi Muhardi pada 12 Des 2017, 14:11 WIB
Toyota Rush

Liputan6.com, Jakarta - All new Toyota Rush menjadi salah satu mobil paling terbaru yang diluncurkan di penghujung 2017. Dengan ubahan yang cukup siginifikan, Rush anyar ini ditargetkan hingga 2.500-3.000 unit.

Dari pantauan Liputan6.com, konsumen yang ingin membeli mobil tersebut bisa memberikan tanda jadi antara Rp 2-10 juta.

Hanya saja, menurut seorang salesperson Toyota di salah satu dealer di Jakarta, meski bisa dipesan konsumen harus bersabar, sebab saat ini unitnya belum tersedia.

“Kalau mau pesan, sekarang indennya sampai Februari-Maret 2018,” ucap seorang sales yang tidak mau disebutkan namanya.

Salesperson itu menyatakaan, meski telah diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat dan dealer beberapa waktu lalu, namun harga all new Toyota Rush belum dirilis secara resmi. Hanya Toyota memprediksi, diperkirakan harga mobil tersebut hanya naik Rp 2-3 juta.

Keputusan penundaan harga all new Toyota Rush ini karena alasan Toyota ingin menjual dengan pakai FIN 2018, sehingga sewaktu-waktu konsumen akan menjualnya maka resale value lebih baik.

Sales tersebut juga tak menampik, bahwa untuk Toyota Rush model lama saat ini masih dijual walau jumlahnya terbatas. Bahkan beberapa dealer tak lagi menjualnya.

“Toyota Rush model lama diskonnya bisa samapai Rp 35 jutaan. Walau ada model baru ini bukan produk discontinue, jadi masih tetap ada sparepart-nya,” tuturnya.

 

1 of 3

Toyota Rush Sudah Tidak Berkonde, Rasa SUV-nya Hilang?

Toyota Rush
All New Toyota Rush. (Arief/Liputan6.com)

Model terbaru dari low sport utility vehicle (LSUV) PT Toyota Astra Motor (TAM), all new Toyota Rush resmi hadir di Indonesia. Model ini datang dengan berbagai ubahan yang cukup radikal, mulai dari eksterior, interior, mesin, dan berbagai fitur keselamatan.

Selain itu, Toyota Rush anyar ini juga sudah tidak menggunakan konde (ban cadangan di pintu belakang). Padahal, selama ini konde sudah menjadi ciri khas Toyota Rush, dan memperjelas karakternya sebagai sebuah SUV.

Dijelaskan Eiji Fujibayashi, Chief Engineer Toyota Rush, tidak adanya ban cadangan di belakang, merupakan hasil dari pengembangan, melihat tren desain yang berkembang, dan juga utilitas konsumen saat ini.

"Dengan melihat dua hal tersebut, kami simpulkan tidak lagi menaruh ban di belakang, dan memindahkan ke bawah bumper belakang," jelas Fujibayashi, di sela-sela peluncuran all new Toyota Rush The Westin Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan.

Lanjut Eiji, dengan tidak adanya ban cadangan di belakang, dimensi Toyota Rush anyar ini justru bisa bertambah 230 mm dari model lawas, dan menjadi 4.435 mm.

"Dengan pindahnya ban serep ke bawah, panjangnya bertambah sekitar 15 mm (bodi belakang), jadi dimensi panjangnya (keseluruhan) lebih sekitar 230 mm," pungkas Eiji.

2 of 3

Spesifikasi

Mesin Toyota Rush baru (Arief A/Liputan6.com)
Mesin Toyota Rush baru (Arief A/Liputan6.com)

All New Toyota Rush yang berubah total dari pendahulunya resmi bertarung di segmen low sport utility vehicle (LSUV) Tanah Air. Model ini akan menjadi senjata baru PT Toyota Astra Motor (TAM), untuk bersaing dengan Honda BR-V, serta bisa menjadi model penghadang Mitsubishi Xpander.

Dijelaskan Eiji Fujibayashi, Chief Engineer all new Rush, tidak ada kesan Toyota Rush model lawas di model baru ini. "Tidak ada, karena semua totally baru," jelasnya.

All new Toyota Rush hadir dengan eksterior yang didesain lebih high-end, kualitas interior lebih baik, mesin dan teknologi baru, serta fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Untuk interiornya, dengan konsep true 7-seater SUV dengan tujuh sabuk pengaman tiga titik, 7-head rest, dan jarak bangku baris ke dua dan ketiga mencapai 700 mm.

Khusus tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi material lembut, dashboard yang lebih mewah, dan semua tipe dilengkapi AC double blower. Untuk tipe G dan TRD Sportivo dilengkapi pengaturan audio di roda kemudi, dan pengaturan telepon untuk tipe TRD Sportivo.

Pengaturan AC menggunakan layar digital, dimana tipe TRD memiliki fungsi otomatis dan tipe G memiliki sistem memori yang dapat menyimpan 2 pengaturan.

Fitur entertainment, all new Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7 inci dengan internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App.

Sedangkan untuk all new Toyota Rush tipe G, fitur entertainment dilengkapi DVD AVX 7 inci, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8-speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6-speaker untuk tipe G.

Lanjutkan Membaca ↓