Sukses

Ada MPV Baru dari Wuling, Ini Saran Suzuki

Suzkui mengakui kualitas produk yang dibuat Wuling Motors.

Liputan6.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia rupanya tak ambil pusing dengan kehadiran perusahaan otomotif asal Tiongkok, Wuling Motors.

Meski tak sedikit masyarakat Indonesia yang memandang sebelah mata mobil Cina, namun hal tersebut tidak bagi PT SIS. Bahkan General Manager, Strategic Planning Department PT SIS Uchiki Ryohei mengakui kualitas yang dibuat Wuling Motors.

Hanya saja, Uchiki mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan Wuling Motors agar dapat bersaing di Indonesia.

“Saya pikir sifat konsumen di Indonesia konservatif, mereka masih ada ketakutan. Tapi saya lihat kualitas produk sudah bagus,” ungkap Uchiki saat ditemui Liputan6.com di kawasan Senayan City, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Selain itu, Uchiki mengatakan, ragunya konsuman pada brand baru biasanya dapat terjadi dalam kegiatan aftersales, dan juga harga jual kembali.

“Walaupun barangnya baik, untuk meningkatkan penjualan, mereka perlu membuat (menambah) dealer agar kuat. Kalau tidak ada dealer, tidak akan kuat, mereka harus serius,” ucapnya.

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen tentunya produk yang ditawarkan harus lebih beragam.

“Kalau saya lihat, Confero saja di sesaknya penjualan tidak akan meningkat. Tapi saya dengar, mereka katanya akan buat mobil baru,” tutur Uchiki.

Jika melihat data Wuling Motors setelah empat bulan hadis di pasaran, angka wholesales (penjualan pabrik ke dealer) diklaim mencapai 4.000 unit. Angka ini cukup diapresiasi untuk sekelas anak baru.

Untuk diketahui, jika dilihat dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga Oktober 2017, Wuling mampu menjual sebanyak 3.115 unit.

Dengan penjualan Juli sebanyak 31 unit, September 1.391 unit, dan Oktober 903 unit. Dengan rata-rata penjualan tersebut, tidak menutup kemungkinan hingga November, Wuling mampu mengirim sebanyak 4.000 unit Confero.

"Model paling laku tetap Confero S 1.5L. Tapi untuk persentasenya, mesti dicek dahulu," pungkas Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Andalkan Harga Murah, Seberapa Laku Wuling Confero?

Persaingan mobil keluarga level bawah di Tanah Air semakin sengit, setelah kehadiran Wuling Motors. Pabrikan asal Tiongkok ini, langsung menggebrak dengan model yang cukup menarik, Confero S.

Menariknya, model ini hadir langsung menantang kedigdayaan LMPV asal Jepang yang sudah lama berkuasa. Senjatanya, selain fitur yang tidak kalah, juga harga jual yang lebih kompetitif dibanding Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, ataupun Suzuki Ertiga.

Lalu, setelah empat bulan berniaga di Indonesia, seberapa laris Wuling Confero S?

Dijelaskan Cindy Cai, Vice President of VSSM Wuling Motors, pihaknya cukup puas dengan pencapaian penjualan. Selama empat bulan ini, kondisi penjualan Wuling masih normal, dan sesuai harapan.

"Kita wholesales-nya mendekati 4.000 unit (tanpa menyebutkan angka detail penjualan). Untuk retail kita sedang hitung karena masih banyak SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang belum di-convert. Itu sampai akhir bulan November 2017," jelas Cindy Cai, saat berbincang dengan wartawan, belum lama ini.

Lanjut Cindy, dengan pihaknya baru meluncurkan model Confero beberapa bulan lalu, memang masih mengejar penjualan hingga akhir tahun.

"Namanya juga produk baru, untuk setengah tahun pertama itu bisa dibilang masih dalam proses menanjak, dengan ritme yang pelan," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini