Sukses

Lima Ritual Wajib bagi Pemilik Mobil Diesel

Mesin diesel menawarkan kemampuan dan karakteristik yang berbeda dibanding mesin bensin. Berikut lima ritual yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Mesin diesel menawarkan kemampuan dan karakteristik yang berbeda dibanding mesin bensin. Torsi yang ditawarkan oleh mesin diesel terbilang melimpah dan menyenangkan. Nah, agar mesin diesel tetap bekerja secara optimal, inilah lima cara untuk menjaga performa mesin diesel, dilansir dari chevrolet.co.id.

1. Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Sebelum beraktivitas, nyalakan mesin selama lima menit untuk memberikan kesempatan pada oli melumasi bagian mesin dan turbocharger. Pelumas mesin membantu sistem kerja komponen mesin mobil tetap halus meski saling bergesekan. Dengan demikian, umur mesin pun dipastikan akan semakin lama.

2. Gunakan Oli yang Direkomendasikan

Setiap mesin memiliki karakternya masing-masing, gunakan pelumas yang direkomendasikan sesuai dengan pabrikan mobil untuk menjaga kebugaran mobil kesayangan.

3. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar ibaratnya adalah nutrisi yang diterima oleh mesin mobil diesel. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm (misalnya Pertamina Dex). Bahan bakar yang tepat akan menghasilkan gas buang rendah emisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Bersihkan Injector Secara Rutin

Mobil diesel modern biasanya sudah dilengkapi teknologi Injector Common-Rail. Fitur ini akan menjaga mobil selalu hemat bahan bakar dan mampu meningkatkan kekuatan mesin. Perawatan dan pembersihan injector secara rutin akan membuat mesin lebih tahan lama tanpa perlu takut mengeluarkan biaya mahal. Pastikan hanya membersihkan injector di bengkel resmi.

5. Rawat Mobil Secara Berkala

Setiap mobil pasti membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil, meskipun mobil berstatus masih baru. Kunjungi dealer dan workshop terdekat dan kenali layanan garansi dan service yang ditawarkan oleh bengkel resmi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan tim mekanik ahli tentang kapan mobil harus menjalani perawatan khusus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.