Sukses

Inilah Calon Mesin Bensin Tercanggih Sejagat, Apa Hebatnya?

Mesin ini dapat merubah rasio kompresi untuk mengoptimalkan potensinya.

Liputan6.com, Jakarta Infiniti mempersiapkan diri untuk memperkenalkan QX50 di Los Angeles Auto Show mendatang. Mobil tersebut diklaim menggunakan mesin 2,0 liter 4-silinder berteknologi variable compression turbo (VC-T).

Dilansir Autonews, mesin tersebut merupakan mesin pertama di dunia yang mengadopsi variable compression. Teknologi tersebut dikembangkan oleh Nissan selama 20 tahun. VC-T dilengkapi perangkat yang dapat mengubah jarak main piston di dalam silinder hingga 6 mm.

Shinichi Kiga, Nissan chief powertrain engineer, mengungkapkan mesin VC-T diharapkan dapat menghantarkan efisien bahan bakar lebih baik 27 persen dibanding QX50s yang mengadopsi mesin 3,7 liter V6. Mesin VC-T sanggup memuntahkan tenaga 268 Tk dengan torsi puncak 390 Nm.

Bagaimana cara kerjanya? Pada mesin konvensional, rasio kompresi sudah tidak dapat berubah. Sedangkan, mesin VC-T dapat merubah jarak bermain piston, sehingga kompresi dapat berubah dari rasio 8:1 hingga 14:1.

Mesin tersebut hanya akan dipasangkan dengan transmisi berjenis CVT. Dikatakan mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar 11,05 kpl.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Kuda, Kenapa Ukuran Mesin Pakai Tenaga Kuda?

Jika Anda seorang pencinta otomotif, tentu tidak asing dengan satuan hp (horse power) atau tenaga kuda seperti yang biasa Liputan6.com pakai. Satuan tersebut bisa menggambarkan potensi yang dimiliki oleh sebuah kendaraan, semakin tinggi tenaga kuda maka kendaraan bisa semakin kencang berlari.

 

 

Namun, tahukah Anda darimana istilah tenaga kuda digunakan pada mesin? Dilansir howstuffworks, satuan tenaga kuda pertama kali digunakan oleh James Watt yang hidup dari 1736-1819.

Watt menggunakan kuda untuk bekerja di tambang batu bara. Watt ingin mengungkapkan tenaga yang mampu dihasilkan oleh binatang tersebut. Berdasarkan penelitiannya, rata-rata kuda sanggup menarik bobot 220 pound (setara 99,5 kg) menggunakan katrol sejauh 100 kaki (setara 30,48 meter) dalam 1 menit.

Untuk mendapatkan nilai tenaga kuda secara optimal, Watt meningkatkan perhitungannya sebesar 50%, menarik bobot 330 pound (149,6 kg) menggunakan katrol sejauh 100 kaki (setara 30,48 meter) dapat dilakukan dalam 1 menit.

Fakta menarik lainnya, tenaga kuda dapat dikonversi menjadi satuan energi lainnya. Misalkan, 1 tenaga kuda sama dengan daya 746 Watt. Bisa diartikan, jika menggunakan 1 kuda untuk menggerakkan treadmill, maka energi yang dihasilkan melalui generator mencapai 746 watt. Perhitungan ini akan memberikan gambaran besaran potensi yang dimiliki oleh motor listrik, karena satuan energi yang dihasilkan oleh motor elektrik berupa Watt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.