Ini Perlengkapan Wajib Jika Ingin Main Motor Trail

Oleh Herdi Muhardi pada 12 Nov 2017, 16:11 WIB
Mengendarai motor trail

Liputan6.com, Jakarta - Semakin maraknya sepeda motor jenis trail, maka Anda juga harus mengetahui, perlengkapan apa saja yang biasanya dipakai para rider saat melakukan perjalanan offroad atau mereka sebut ‘terabas’.

Pada dasarnya, peralatan yang wajib digunakan tentunya sama seperti mengendarai motor lainnya. Pastinya, semua harus sesuai standar keamanan dan keselamatan.

Tapi, beberapa perlengkapan yang digunakan untuk bermain trail atau cross biasanya memiliki bentuk berbeda dengan street bike, seperti halnya helm dan sepatu. Selain itu, pakaian yang dikenakan juga tidak sama.

Nah berikut ini ada beberapa perlengkapan yang digunakan para rider untuk bermain trail maupun motor cross.

Helm

Helm sangat wajib hukumnya jika berkendara sepeda motor. Hanya saja, jika ingin mengendarai sepeda motor trail, gunakan helm khusus yang desainya memiliki moncong di depan.

Selain alat pelindung kepala, helm jenis ini memang dirancang khusus dengan manfaat yang berbeda dengan helm motor pada umumnya.

Soal harga helm motor trail, memang tak bisa dipatok besaran kecil. Sebab ada helm buatan lokal dan impor. Harganya bisa sekitar Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah.

Simak VIdeo Pilihan Berikut Ini:

 

1 of 2

Selanjutnya

Segmen 7: Pundi Amal SCTV hingga Olahraga Motor Trail
Ilustrasi pengendara sepeda motor trail.

Body Protector

Bagi mereka yang doyan bermain trail pasti selalu menggunakan body protector, mulai dari dada, sikut, hingga dengkul. Dengan menggunakan body protector maka itu dapat meminimalkan cedera.

Belum lagi penggunaan body protector bisa membantu melindungi organ dalam tubuh.

Untuk sikut dan lutut juga perlu menggunakan protector, sebab bukan tak mungkin pengendara trail paling ahli bisa saja terjatuh. Lutut dan sikut menjadi bagian rawan jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Untuk harga body protector berbeda-beda, tergantung merek dan ukuran. Karena itu, harga paling rendah bisa dimulai sekitar Rp 450 ribuan hingga jutaan rupiah.

Brace Neck

Alat ini salah satu yang perlu digunakan, lantaran sangat bermanfaat sebagai pelindung atau penyangga leher. Dengan medan yang dilalui kerap bergelombang, maka brace neck bisa meminimalkan cedera leher.

Harga alat yang satu ini juga beragam, mulai dari Rp 1,3 juta.

Sepatu Boot

Setiap pengendara sepeda motor disarankan menggunakan sepatu. Namun untuk model trail, sepatu yang digunakan sejenis boot, sehingga dapat melindungi tulang kering.

Sepatu boot sengaja untuk melindungi pergelangan kaki, termasuk bebatuan atau benda keras lainnya.

Jenis sepatu boot untuk trail sangat beragam, mulai dari ukuran dan merek, karena itu harganya berbeda, bisa di atas Rp 500 ribuan.

Goggle atau Kacamata Khusus Trail

Goggles sangat penting digunakan. Maklum, helm trail tidak dilengkapi kaca helm. Alhasil agar terhindari dari debu dan lumpur, maka penggunaan goggle ini sangat bermanfaat.

Menyoal harga, goggle buatan lokal bisa saja dijual di atas Rp 500 ribu, namun jika goggle dilengkapi anti smoke, harganya bisa mencapai Rp 5 jutaan.

Pakaian Offroad

Selain soal keamanan dan keselamatan, berkendara motor trail juga harus tetap nyaman. Karena itu ada pakaian khusus yang digunakan seperti kaos dengan bahan khusus dan lengan panjang.

Selain itu penting juga menggunakan sarung tangan, celana pendek dan panjang, serta kaos kaki agar tidak lecet.

Harga pakaian offroad juga berbeda-beda, bahkan ada juga yang hanya menjual atasan atau celana saja dengan harga sekitar Rp 300 ribuan. Namun jika satu set pakaian bisa di atas Rp 1 jutaan. Dan itu belum termasuk sarung tangan, celana pendek dan kaos kaki.

Lanjutkan Membaca ↓