Sukses

Ini Spesifikasi Kendaraan Taktis Lokal yang Dipakai Jokowi

Kendaraan bernama P6 ATAV ini buatan Indonesia dan kemampuannya tidak bisa diremehkan.

Liputan6.com, Jakarta Saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI, Jokowi terlihat menggunakan satu mobil terbuka saat menginspeksi pasukan. Setelah Liputan6.com telusuri, mobil tersebut bernama P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) yang diproduksi oleh PT Sentra Surya Ekajaya (SSE).

Budhi Murniawan, Program Manager P6 ATAV, mengungkapkan bahwa mobil ini murni buatan Indonesia. "Mobil ini kita buat dari nol. Mulai dari konstruksinya, penempatan mesin, transmisi, suspensi, dan lainnya. Desain mobilnya sudah kita patenkan," ucapnya kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon. Adapun beberapa suku cadang yang masih diimpor, yaitu mesin, transmisi, suspensi, dan juga ban.

"Bahan yang digunakan adalah pipa seamless terbuat dari besi alloy yang sangat bagus, mendekati chromoly. Untuk cover-nya kita pakai aluminum alloy high grade. Bahan ini ringan, cocok untuk karakter ATAV yang lincah dan ditujukan untuk menyerbu," sambungnya.

Untuk mesinnya sendiri bergantung dari kebutuhan pemesan. "Kami menggunakan mesin 2,5 liter turbodiesel. Tenaganya mencapai 142 Tk dengan torsi puncak 343 Nm. Tenaga ini cocok untuk bobot ATAV. Dalam kondisi kosong, bobot ATAV mencapai 2,2 ton, sedangkan berat siap tempur mencapai 3 ton," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemampuan Offroad

Transmisinya menggunakan transmisi otomatis dengan kemampuan full time all wheel drive. Bannya sendiri disemati dengan ban antipeluru, meskipun tertembak masih dapat berjalan.

Sesuai namanya, All Terrain Assault Vehicle memiliki fungsi untuk menyerbu dalam berbagai medan. Oleh karena itu, kemampuan offroad-nya harus mumpuni. Untuk menguji kemampuan offroad-nya, ATAV diuji di medan Divisi 1 Kostrad Cilodong. Di sini ATAV berhasil membuktikan kemampuannya dengan menjadi mobil ke 55 dari 1.000 mobil yang menuntaskan berbagai medan.

Menyoal rasa berkendara, Budhi menanggapinya dengan santai. "ATAV dilengkapi dengan suspensi double wishbone pada bagian depan dan belakang. Soal rasa berkendara, tidak kalah nyaman dengan S-Class. Kecepatan di jalan aspal juga menjanjikan, bisa mencapai 140 km/jam, tapi kami batasi di angka 120 km/jam. Nanti kita buktikan sendiri," pungkasnya.

Spesifikasi teknis:

Dimensi 

Panjang               : 4.650 mm

Lebar                   : 2.260 mm

Tinggi                  : 1.600 mm

Jarak Sumbu        : 3.055 mm

Ground Clearance : 400 mm

Ukuran ban          : 35 x R16

Sistem Pengereman 

Cakram depan & belakang

Daya Jelajah

Jarak tempuh maksimal  :500 km

Kapasitas tangki             :100 liter

Radius putar                   :7,5 m

Konfigurasi penumpang   :2 (depan + 2 (belakang)

Kelengkapan

Empat dudukan senjata 

Winch elektrik

P3K

Pemadam api

Kotak peralatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.