Sukses

Modal Rp 50 Ribu Bisa Bawa Pulang Trike Ojo Dumeh

Trike atau motor roda tiga kustom bernama Ojo Dumeh menjadi hadiah lucky draw Kustomfest 2017

Liputan6.com, Yogyakarta - Trike atau motor roda tiga kustom bernama Ojo Dumeh menjadi hadiah lucky draw Kustomfest 2017 yang berlangsung 7-8 Oktober di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Untuk bisa mendapatkan motor keren ini, pengunjung cukup mengeluarkan kocek Rp 50 ribu untuk menebus tiket masuk sekaligus nomor undian.

Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi mengatakan, nama ini diambil dari ungkapan bahasa Jawa. "Ungkapan ini sangat terkenal sebagai refleksi yang sangat filosofis untuk kita lebih instropeksi diri atas diri sendiri atau lingkungan sekitar kita. Jadi Ojo Dumeh artinya agar kita selalu membumi," ujarnya di arena Kustomfest 2017, Jumat (6/10).

Trike kustom Ojo Dumeh jadi hadiah lucky draw Kustomfest 2017. (Septian/Liputan6.com)

Motor yang dibuat khusus oleh Retro Classic Cycles yang dinahkodai oleh Lulut ini merupakan gabungan separuh motor dan separuh mobil. Motor kelir merah ini mengambil gaya Trike era 1970an dengan menggunakan konstruksi motor chopper.

Di bagian depan terpasang fork springer dengan menggunakan velg ring 21 inci dan ban Avon Speedmaster. Menariknya, motor bermesin Harley-Davidson Buell 1.200 itu mengadopsi as roda dan suspensi belakang independent milik mobil Porsche 914.

Disebutkan, kelebihan dari independent rear suspension dengan air differential milik Porsche ini adalah bisa membagi tenaga secara rata yang dihasilkan oleh mesin untuk kedua roda belakangnya, Suspensi ini akan membentuk turning radius yang sangat efektif pada saat membelok sehingga motor tetap stabil untuk dikendarai.

Trike kustom Ojo Dumeh menggunakan mesin Harley-Davidson Buell 1200. (Septian/Liputan6.com)

Sekadar informasi, pengecatan motor ini dikerjakan oleh Danny Hacka dari Solo. Bagian lain yang menarik adalah pahatan di blok mesin yang dikerjakan oleh David Stone asal Mojokerto. Pada proses pengerjaannya, David harus ekstra hati-hati karena jika melakukan kesalahan maka blok mesin bisa pecah dan tidak bisa digunakan.

"Proses ukirnya penuh perjuangan, saya paksa David buat mengukir langsung di motornya. Jadi cover rocker arm-nya tidak dilepas, tapi langsung dipahat di motor. Kalau salah enggak bisa diedit," imbuh Lulut.

Tidak cuma itu, proses pengerjaan krom juga dikebut. Durasi pengerjaan yang seharusnya hingga dua minggu dipangkas menjadi lima hari karena keterbatasan waktu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Spesifikasi

Berikut spesifikasi Trike Ojo Dumeh

Frame:

Frame: Trike tubular frame, 2.5 inch stretch up, 35 degree rake, design and fabrication by Retro Classic Cycles.Rear end: Independent rear suspension, design from Porsche car.Differential: chain differential hand made Retro Classic Cycles.Rear axles: Constant velocity joint, special fabrication by Retro Classic Cycles.

Engine:

Engine: Harley Davidson Buell 1200cc converted from Injection to carburetor.Ignition: Dual ignition system Harley Davison.Charging system: stock Harley Davidson Buell.Intake manifold: S&S.Carburetor: S&S Super E shortyExhaust: 2 in 2 freeflow, truckin' style, design & fabrication by Retro Classic CyclesTransmission5 speed Harley Davidson Buell.

Body:

Gas tank: steel gas tank by Retro Classic Cycles.Front fender: NoneRear fender: NoneOil tank: oval steel oil tank by Retro Classic Cycles.Differential side cover: aluminim by Retro Classic cycles

Suspension:

Front suspension: Springer 4 inch over, chrome.Rear suspension: Kayaba shock, chrome springs, adjustable.Control system:Handlebar: Rabbit bar, by Retro Classic CyclesHand control: None, just simple classic push button for electric starter.Foot control: Kustom forwarder control, design & fabrication by Retro Classic Cycles

Wheels & Tires:

Front wheel: spoke wheel, brakeless, 21 inchFront tires: Avon SpeedmasterRear Wheel: 16" x 4,5 inchRear Tires: Firestone white wall

Brake System

Front brake: None, brakeless.Rear brake: Stock brembo - Harley Davidson

Electrical:

Head light: El Cheappo 3,5 inch chrome.Tail light: 3 light El Cheappo.Battery: Yuasa dry batteryWiring system: design & build by Retro Classic Cycles

Painting:

Color: Candy red glitter,Painter: Danny Hacka - Solo.Seat: King & Queen comfort seat, design & build by Retro Classic Cycles

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.