Sukses

Begini Cara Mitsubishi Kebut Pengiriman Xpander ke Konsumen

Mitsubishi Xpander mulai didistribusikan ke konsumen. Mitsubishi punya cara agar konsumen menerima lebih cepat mobil yang telah dibeli.

Liputan6.com, Bekasi - Sejak pertama kali diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 lalu, Mitsubishi mengklaim produk terbarunya, Xpander, telah terpesan hingga lebih 23 ribu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Menurut Chief Operating Officer Mitsubishi Corporation Trevor Mann, dengan tingginya pemesanan Xpander, hal itu membuat Mitsubishi dapat meningkatkan produksi.

"Untuk merespons jumlah permintaan konsumen yang signifikan terhadap Xpander kami menerapkan shift kedua di pabrik ini, satu bulan lebih cepat," ungkap Trevor di pabrik Mitsubishi di kawasan GIIC, Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (3/10/2017).

Penambahan shift untuk pengerjaan Mitsubishi Xpander disebut sebagai bukti potensi besar, baik untuk pasar Indonesia maupun wilayah Asean.

Tak hanya itu, Mitsubishi Xpander  direncanakan menjadi kendaraan Mitsubishi Motors pertama yang diekspor dari Indonesia pada awal 2018.

Trevor mengatakan, alasan ekspor Xpander dijual ke luar negeri lantaran Mitsubishi tak mau mengandalkan penjualan di pasar domestik yang tergantung pada kondisi ekonomi dalam negeri.

"(Ekspor) Regional ASEAN, seperti Filipina dan Thailand. Tidak menutup kemungkinan ke negara-negara lain. Angka tidak bisa kami sebutkan, tapi pasar Indonesia cukup siginifikan," tuturnya.

Kapasitas pabrik yang memproduksi Xpander mencapai 80 ribu unit per tahun. Namun, karena produksi baru dimulai pada September 2017, Xpander yang akan dibuat belum maksimal, yaitu hanya 12 ribu unit hingga akhir Desember 2017.

Selain menggenjot produksi, Mitsubishi juga menyiapkan ratusan diler baru guna menarik konsumen dan penyebarannya. Mitsubishi menargetkan 120 diler hingga akhir tahun fiskal atau Maret 2017.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Siap Ekspor

Small MPV terbaru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini juga siap diniagakan ke pasar negara lain.

Menurut laporan Asia Nikkei, Senin (4/9), sebagai pasar potensial selanjutnya, pabrikan asal Jepang ini bersiap meluncurkan Mitsubishi Xpander di Mesir dan Bolivia.

Mitsubishi Xpander sendiri diproduksi di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), di Cikarang, Jawa Barat. Mobil ini bakal tiba di Thailand dan Filipina pada Februari 2018, dan diikuti pasar Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia dan Vietnam.

Selain itu, Mitsubishi Xpander juga direncanakan bakal dijual di pasar Timur Tengah dan Amerika Latin, tapi tidak untuk tahun ini. Adapun pasar Eropa kemungkinan besar bakal menjadi negara penjual Mitsubishi Xpander asal Cikarang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.