Sukses

Sayonara Toyota FJ Cruiser

Sebagai ucapan perpisahan, Toyota FJ Cruiser edisi terakhir bakal dibuat khusus dan terbatas. Bagaimana wujudnya?

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya, produksi SUV legendaris Toyota FJ Cruiser, sudah berhenti sejak tahun lalu. Namun, untuk pasar Jepang sendiri perpisahan dengan pesaing Jeep Wrangler ini akan terjadi tahun ini.

Sebagai ucapan perpisahan, raksasa otomotif Negeri Matahari Terbit ini bakal menghadirkan edisi terakhir FJ Cruiser, serta bakal dicetak khusus dan terbatas. Demikian dilansir Carscoops, Senin (18/9/2017).

Sebagai edisi khusus, Toyota FJ Cruiser terakhir ini bakal berkelir hitam dan coklat untuk interior dan eksterior. Selain itu, model ini juga bakal dilengkapi pelek alumunium berukuran 20 inci, dengan tangga samping.

Sementara itu, dilansir Autoevolution, Toyota FJ Cruiser ini bakal dibanderol 3.492.720 yen atau setara dengan Rp 417 jutaan, dan model edisi terbatas ini bergantung dengan sistem Part-Time 4WD, transmisi otomatis Super ECT 5-speed, dan mesin VGR 1GR-FE berkapasitas 4.0 liter.

Di Jepang model ini dipersenjatai dengan mesin naturally aspirated yang mampu menghembuskan daya hingga 272 Tk pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 380 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk spesifikasi Amerika Serikat, Toyota memang sudah menghentikan FJ Cruise sejak lama, namun Toyota seperti belum siap meninggalkan segmen ini sama sekali. Terlebih, di segmen ini ada Ford Bronco dan Jeep Wrangler.

Namun, hingga saat ini belum ada kejelasaan terkait penerus model ini, dan yang paling dekat adalah konsep Toyota FT-4X. Crossover kompak ini memang bisa diproduksi di masa depan, namun semuanya belum ada yang pasti.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerus FJ?

Toyota mematenkan nama "TJ Cruiser" di United States Patent and Trademark Office, 25 Mei lalu. Spekulasi pun merebak setelahnya.

Laman motor1.com mengatakan, TJ Cruiser ada hubungannya dengan mobil konsep bernama FT-4X di ajang New York Motor Show 2017, April lalu. FT-4X sendiri disebut akan menjadi suksesor FJ Land Cruiser.

Disebutkan, sangat mungkin TJ Cruiser adalah produk massal dari konsep FT-4X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.