Sukses

Sebentar Lagi, Hidupkan Mesin Mobil Bisa Pakai Smartphone

BMW saat ini sudah memikirkan untuk menggantikan fungsi kunci mobil konvensional dengan sebuah smartphone

Liputan6.com, Berlin - Perkembangan teknologi industri otomotif sepertinya tidak hanya berbicara mesin dan fitur mobil. Lebih dari itu, pada masa depan, teknologi canggih akan merambah hingga hal terkecil dari sebuah kendaraan.

Sebagai contoh, BMW saat ini sudah memikirkan untuk menggantikan fungsi kunci mobil konvensional dengan sebuah smartphone. Demikian dilansir Carscoops, Minggu (17/9/2017).

Menurut Ian Robertson, anggota Dewan BMW AG, setiap pemilik mobil pasti memiliki dan membawa smartphone, dan BMW memiliki aplikasi khusus yang memungkinkan para pemilik mobil asal Jerman ini untuk membuka mobil mereka.

"Jujur saja, berapa banyak orang yang benar-benar membutuhkannya (kunci mobil), pelanggan BMW tidak lagi harus meletakkan kunci di kontak kunci untuk menghidupkan mesin mobil," jelas Robertson di gelaran Frankfurt Motor Show 2017, seperti dikutip Reuters.

"Mereka tidak pernah mengeluarkan kunci dari kantong mereka, jadi mengapa saya perlu membawanya kemari?" tegasnya, sambil menambahkan jika BMW berusaha untuk menyingkirkan peran kunci mobil sama sekali.

Meskipun begitu, BMW memang bukan yang pertama atau satu-satunya pabrikan yang memiliki ide tersebut. Sebelumnya, Tesla dengan Model 3 muncul dalam ide membuat kunci konvensional tidak lagi berguna.

"Kami melihat apakah itu layak, dan apakah kita bisa melakukannya (mengganti kunci dengan smartphone). Entah, kita melakukannya sekarang atau pada masa depan. Harus kita lihat," pungkas Robertson.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belanja Pakai Kunci Mobil

Jika memang kunci konvensional nantinya digantikan oleh smartphone, setidaknya kunci konvensional pada masa depan sudah memiliki fungsi lain, yaitu sebagai alat pembayaran seperti kartu debit atau kredit.

Inovasi ini rupanya dibuat langsung oleh perusahaan otomotif asal Prancis, DS Automobiles. Perusahaan ini telah mengembangkan remote atau kunci mobil yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran.

Rencananya, perangkat ini akan menjadi fitur standar yang diterapkan pada model hatchback hibrida DS 3 Connected Chic.

Kunci mobil ini akan dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID) yang berfungsi untuk memastikan rasa aman dan tak ada penipuan.

Untuk mengisi saldo pada kunci ini, maka konsumen cukup mengunduh sebuah aplikasi khusus yang ada di smartphone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.