Sukses

Mobil Listrik Mungil Ini Tampil Menggemaskan

Mobil listrik mungil dari Smart memiliki tampilan yang menggemaskan. Seperti apa?

Liputan6.com, Frankfurt - Beberapa pabrikan sudah memastikan diri akan meluncurkan mobil baru di Frankfurt Motor Show, yang dihelat bulan depan. Salah satunya adalah Smart, asal Jerman.

Melalui mobil konsep bernama Smart Vision EQ ForTwo, mereka ingin menunjukkan bagaimana kendaraan di masa depan itu. Kendaraan ini murni digerakkan dengan listrik, dilengkapi fitur full otonomos, serta dibuat eksklusif untuk car-sharing (tidak dimiliki satu orang).

Dilaporkan Autoexpress, dimensi Vision EQ sama persis dengan Smart ForTwo standar, tetapi dengan paket teknologi yang jauh lebih maju. Dashboard-nya, telah diganti dengan layar sentuh 24 inci yang menampilkan semua informasi yang dibutuhkan.

Menarik, sebab mobil ini didesain tidak lagi pakai setir ataupun pedal. Sebagaimana yang sudah disebut, teknologi otonomos memungkinkan semua itu hilang. Jadi untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain, penumpang tinggal mengaturnya di panel. Mobil pun akan bergerak dengan sendirinya.

Hanya tersedia dua jok sintetis. Meski kesannya sempit, ternyata karena tidak ada pedal dan setir, dua penumpang mendapat ruang yang cukup lega untuk kaki. Armrest-nya pun bisa disesuaikan.

Bagian yang juga tidak kalah menarik adalah desain. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bentuk mobil sangat menarik. Kesan lucu dan imut sangat kuat terasa berkat lekukan dan bentuknya yang membulat. Bagian dalam mobil juga terlihat karena kacanya besar dan transparan.

Menariknya karena mobil ini tidak pakai mesin pembakaran dalam, sejumlah bagian yang normal ada di sebuah kendaraan diubah jadi lebih menarik. Lihat saja bagian depan, posisi yang harusnya ditempati grill. Di sana justru terinstal semacam layar yang bisa menunjukkan informasi tertentu.

"On my way," adalah pesan yang keluar ketika mobil bergerak.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa menampung 19 orang

Jadi dengan ukurannya yang kecil itu, berapa orang kira-kira yang bisa masuk? Mungkin jawabannya mengagetkan, tapi ini benar-benar terjadi. Jumlahnya ada 19 orang.

Ya, baru-baru ini kelompok remaja asal Karachi, Pakistan, memecahkan rekor dengan memuat 19 orang sekaligus dalam satu unit Smart.

Aksi ini sengaja dilakukan untuk memecahkan rekor dunia, yang sebelumnya dicatatkan Tim Fit Climb dari Australia. Fit Climb pada Januari 2010, sukses menjejali Smart Fortwo dengan 18 orang siswa.

Dijelaskan, para siswi di Karachi ini telah dilatih secara berkelanjutan. Mereka berusaha memosisikan diri dengan presisi dan masuk ke dalam mobil dua pintu tersebut satu per satu.

Butuh waktu sekitar satu menit agar 19 siswi masuk ke dalam mobil. Untuk mencetak rekor baru, mereka harus berada di dalam mobil lebih dari lima detik.

Dara-dara Pakistan ini sukses berada dalam mobil mungil Jerman selama 10 detik. Mereka pun sukses mencetak rekor baru versi Guinness World Records pada kategori penumpang terbanyak Smart Fortwo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • SMART