Sukses

Mobil Termurah di GIIAS 2017 dari Merek-Merek Jepang

Berikut kami rangkum mobil termurah dari merek Jepang yang ikut GIIAS 2017.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 boleh saja ada mobil-mobil mewah yang harganya menjulang tinggi. Mungkin model seperti ini banyak dilirik orang, difoto, tapi jelas tidak semua dari mereka bisa membelinya.

Lain halnya dengan mobil-mobil murah. Tidak bisa disangkal, daya beli masyarakat kita tidak bisa dibilang tinggi. Itu yang kemudian jadi faktor kenapa segmen terlaris di kendaraan roda empat Indonesia adalah Low MPV, yang harganya berkisar di angka Rp 150 sampai Rp 200 jutaan.

Di ajang ini, jelas mobil-mobil tersebut yang jadi primadona. Lihat saja booth Wuling atau Mitsubishi. Sejak hari pertama penyelenggaraan pameran, Confero dan Xpander tidak pernah sepi dikerubungi pengunjung. Belum lagi Avanza yang masih bercokol sebagai penguasa pasar.

Tapi mereka bukanlah yang termurah. Di luar itu, masih ada beberapa yang bahkan bisa diboyong dengan hanya merogoh kocek Rp 100 jutaan.

Khusus untuk Anda, di bawah ini adalah model-model terlaris dari masing-masing merek yang diolah dari price list. Kami memilih Toyota, Honda, Datsun, Daihatsu, dan Suzuki, dengan alasan merek-merek ini berasal dari Jepang, yang notabene adalah penguasa bisnis otomotif di Indonesia.

Sebagai catatan, tidak semua mobil paling murah itu dipajang di booth. Hal yang wajar mengingat mobil-mobil tersebut punya fitur dan kualitas yang umumnya di bawah rata-rata sehingga kurang direkomendasikan untuk dipamerkan di ajang internasional seperti ini.

Suzuki

Apa model paling murah dari line up yang diboyong pabrikan berlogo S ini? Ternyata jawabannya adalah Karimun Wagon R GL MT (airbag). Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 118,5 juta.

Wagon R sendiri harganya memang terjangkau kalau dibanding dengan line up Suzuki lainnya. Varian Wagon R lain, semisal GL AGS (airbag), dibanderol Rp 127 juta. Sementara GS MT (airbag), malah dibanderol lebih rendah, Rp 126,5 juta.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Daihatsu

Daihatsu tidak memboyong mobil termurah mereka di GIIAS 2017, Ayla 1,0 D Plus Mt Mi, yang harganya hanya Rp 108,9 juta. Mereka lebih memilih memboyong mobil-mobil "lucu" seperti Thor dan Canbus. Mereka juga memamerkan untuk pertama kalinya dua mobil konsep sekaligus.

Bagaimana yang paling mahal? Di Daihatsu, model termahal adalah Terios R At Adventure. Mobil ini dibanderol Rp 252 juta.

Toyota

Mobil paling murah milik induk perusahaan Daihatsu, Toyota, adalah New Agya. Mobil yang baru meluncur beberapa bulan lalu ini dibanderol Rp 131,5 juta, untuk varian 1,0 G M/T. Harganya belum berubah sejak model ini meluncur, April lalu.

Sebetulnya Agya 1,0 G M/T bukanlah varian termurah Agya. Ada lagi yang lebih terjangkau, 1,0 E M/T. Mobil ini dibanderol Rp 127,6 juta. Namun di ajang ini Toyota tidak menjualnya.

Datsun

Sebagai pelopor mobil murah, Datsun memang bisa dibilang cukup tertinggal ketimbang kompetitornya. Tapi bukan berarti mereka sudah tidak menarik sama sekali. Merekalah yang menjajakan mobil paling murah di GIIAS, setidaknya kalau dilihat dari price list.

Tercatat ada Datsun GO Panca A, yang harganya hanya Rp 102 juta. Namun varian ini tidak dipajang. Mereka hanya memamerkan Go yang lebih tinggi seperti Panca T-Style.

Honda

Merek terakhir yang kami bicarakan adalah Honda. Model paling murah yang dijajakan Honda adalah Brio Satya S MT. Harganya sama persis dengan mobil termurah Toyota, Rp 131,5 juta.

Butuh tujuh unit Satya S MT agar bisa menebus mobil Honda yang lain, Civic Type R. Dengan banderol Rp 995 juta, Civic Type R sekaligus jadi model termahal Honda untuk saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.