Color Hero, dari Merah Ferrari hingga Biru Yamaha

Oleh Rio Apinino pada 13 Agu 2017, 18:18 WIB
Ferrari Laferrari

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, warna dapat menjadi suatu ciri khas tersendiri bagi produk apapun yang dijual di pasaran. Ia bisa jadi identitas yang membedakannya dengan produk sejenis lain, sekaligus jadi jati diri produsennya.

Hal ini juga berlaku di industri otomotif. Dari sekian banyak pabrikan otomotif, beberapa di antaranya memilih untuk konsisten pada satu warna tertentu. Dalam perkembangannya, warna tersebut jadi warna khas merek yang bersangkutan sehingga sudah sulit untuk memisahkan keduanya.

Lihat saja Ferrari. Mereka begitu identik dengan warna merah menyala. Sementara Kawasaki, diasosiasikan dengan warna hijau. Belum lagi merek lain seperti Mazda.

Tapi apa yang kemudian jadi penyebab mereka-mereka ini memilih warna khas tertentu? Bukankah dengan memilih warna tertentu sebagai ciri khas membuat mereka menciptakan batasan sendiri dalam mengembangkan kendaraan? Jadi, apa penyebabnya?

Ferrari - Merah

Mari kita mulai dengan Ferrari. Ketika seseorang membicarakan pabrikan berlogo kuda jingkrak itu, maka ia tidak bisa tidak akan turut membicarakan warna merah. Bahkan seorang pejabat Ferrari di Australia sana pernah bilang bahwa warna selain merah sama sekali tidak cocok bagi mereka.

Warna merah Ferrari sangat berkaitan erat dengan sejarah berdirinya perusahaan.

Menurut laman auto.ferrari.com, dikutip Sabtu (12/8/2017), semua bermula di tahun 1950, kala Ferrari pertama kali ikut berkontestasi di ajang balap Formula1. Kala itu ada aturan tentang warna mobil berdasarkan negara peserta. Italia kebagian warna merah.

Warna ini kemudian dikenal dengan nama Italiano Rosso Corsa, atau Italian Racing Red.

Setelah perhelatan akbar tersebut, Ferrari melihat peluang untuk mengkomersialkan lebih jauh warna tersebut. Mereka kemudian menggunakan warna ini pada semua mobil balap, juga mobil penumpang. Apalagi, mereka bisa ikut balap karena memang disokong oleh hasil penjualan mobil penumpang.

Jadilah, sejak saat itu, Ferrari tak bisa dilepaskan dengan warna merah.

Mazda - Merah

Merek lain yang mengandalkan warna merah sebagai "color hero" adalah Mazda. Namun beda dengan Ferrari, warna ini tidak memiliki latar historis yang panjang. Warna merah, atau tepatnya Soul Red, dicanangkan jadi warna khas sejak 2013 lalu melalui model Mazda6.

Menurut laman resmi mereka, mazda.com, merah adalah "satu-satunya warna yang bisa mengungkapkan semangat dan dedikasi kuat Mazda terhadap penciptaan mobil"

Bonar Pakpahan, Product Planning Eurokars Motor Indonesia, distributor Mazda di Indonesia, pernah mengatakan bahwa Soul Red diformulasikan sedemikian rupa sehingga dalam kondisi tertentu akan memancar. "Kalau kena sinar, bagian gelapnya gelap banget, terang terang banget," ujar Bonar, di Jakarta, dalam peluncuran lima mobil baru, Maret lalu.

Menurutnya, warna kontras di permukaan yang sama adalah kelebihan dari Soul Red. "Itu juga bisa memperlihatkan jelas lekuk 'Kodo Design'-nya Mazda," tambahnya.

1 of 2

Next

Plat Nomor Mobil Ini Bernada Ofensif terhadap Orang Islam
Kenapa Kawasaki pakai warna hijau sebagai kebanggaannya?

Kawasaki - Hijau

Beralih ke kendaraan roda dua. Satu merek sepeda motor yang identik dengan warna tertentu adalah Kawasaki. Ia cukup dikenal sebagai pabrikan yang mengedepankan unsur hijau pada tiap modelnya.

Lime Green. Demikian Kawasaki menamakan warna yang begitu identik dengannya itu. Menurut salah satu versi sejarah paling terkenal, warna hijau jadi ciri khas Kawasaki karena apa yang terjadi pada mereka di Amerika Serikat (AS), pada 1968 silam.

Laman accelerate.presspublisher.us mengatakan bahwa warna hijau memang sengaja dipilih untuk membedakan diri dengan merek lain. Kala itu pasar motor AS memang tengah "banjir" dengan 30an merek.

"Ini unik, khas, dan menonjol di setiap tempat trek balap. (Warna ini) tidak akan membuat bingung karena tidak pernah terlihat sebelumnya. Ini menciptakan warna eksklusif Kawasaki yang tidak akan tertukar dengan yang lain," ujar Molly Sanders, ahli cat yang berada di balik warna hijau terang itu.

Warna hijau awalnya memang hanya diterapkan pada motor-motor balap saja. Namun kebijakan internal pada tahun 1982 mengubah itu. KZ1000R jadi model massal pertama yang pakai warna Lime Green. "Virus hijau" ini kemudian menyebar ke seluruh dunia sampai sekarang.

Yamaha - Biru

Merek lain yang punya warna khas tidak lain kompetitor Kawasaki sendiri, Yamaha. Mereka sebetulnya punya setidaknya tiga warna "jagoan", yaitu kombinasi antara kuning dan hitam, putih dan merah, dan biru. Namun pada 2013, perusahaan memutuskan untuk menggunakan biru saja sebagai identitas resmi.

"Mulai 2013, kami memutuskan untuk memperkuat warna identitas biru ini dan mengenalkannya pada berbagai model kami," terang Product Planning Manager Yamaha, Naoki, dikutip dari yamaha-motor.eu. Birunya Yamaha sendiri diberi nama "Race Blu".

Cara menerapkan unsur biru mereka terbilang unik. Alih-alih menerapkannya pada keseluruhan body, mereka memilih untuk digunakan sebagai aksen saja, msialnya pada komponen tertentu.

Ini bukan tanpa alasan. Menurut sumber yang sama, dengan pendekatan ini Yamaha "memiliki fleksibilitas untuk menerapkan kombinasi dengan warna lain di masa depan. Dengan kombinasi ini kami punya nuansa teknis yang bagus di motor dan benar-benar segar," tulis sumber itu.

Lanjutkan Membaca ↓