Manjakan Mata dengan Mobil Konsep

Oleh Rio Apinino pada 12 Agu 2017, 12:12 WIB
GIIAS 2017

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Dalam rangka menyesuaikan dengan tema besar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Rise of the Future Mobility, sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) memamerkan teknologi otomotif terkini melalui mobil konsep.

Mobil konsep sederhananya adalah purwarupa mobil yang dibuat dan dipamerkan untuk menginformasikan gagasan-gagasan baru dalam hal model dan teknologi kepada khalayak. Ketika masuk dapur produksi, umumnya sejumlah penyesuaian akan dilakukan.

Berdasarkan definisi ini, tidak semua mobil yang awalnya dianggap sebagai "konsep" kami masukkan sebagai "konsep". Seperti contohnya Datsun Go Live. Mobil ini lebih cocok disebut sebagai mobil modifikasi karena memang "hanya" pengembangan tampilan dari Datsun Go.

Berikut mobil-mobil konsep tersebut:

Daihatsu

Ada dua mobil konsep yang diluncurkan Daihatsu di GIIAS 2017. Menariknya, dua mobil tersebut cukup anti-mainstream dibandingkan dengan ciri khas Daihatsu sebagai mobil keluarga. Dua mobil konsep tersebut, yakni Daihatsu DN F-Sedan dan DN Multisix. Dua-duanya dirancang langsung oleh Daihatsu Jepang.

Kedua mobil konsep ini baru pertama kali mereka perkenalkan ke publik. Artinya, Indonesia jadi tempat di mana mobil ini world premier.

Sayang, sampai saat ini belum ketahuan bagaimana spesifikasi dua mobil konsep ini. Namun, tampaknya, di sektor permesinan, keduanya masih tetap belum beranjak dari mesin konvensional (bermesin pembakaran dalam) dengan kubikasi mesin tidak lebih dari 1,5 liter.

Nissan

Meski Nissan hanya meluncurkan satu mobil konsep saja, dalam hal teknologi, ia lebih canggih ketimbang mobil konsep Daihatsu. Mobil konsep tersebut bernama BladeGlider.

BladeGlider pertama kali diperkenalkan di Goodwood Supercar Run, Inggris, Juli lalu. Dari desainnya saja, terlihat jelas bahwa mobil berkonfigurasi tiga jok ini begitu berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya. Bisa dibilang, ia cukup "aneh" dalam pengertian umum.

Namun, soal tenaga, jangan disangsikan lagi. Mobil ini tidak menghasilkan emisi sama sekali karena digerakkan dengan motor listrik.

Lexus

Divisi mobil mewah milik Toyota, Lexus, memperkenalkan mobil konsep ber-genre Roadster Grand Touring Convertible Coupe yang diberi nama Lexus LF-C2. Desainnya agresif, dengan gril khas yang juga ditemukan di banyak mobil Lexus lainnya.

Sebagaimana roadster pada umumnya, LF-C2 tidak punya atap atau apa pun yang dapat menutupi kabin. Mobil berkelir kuning terang ini bisa diduduki oleh 2+2 orang.

Tidak ada informasi teknis soal mobil ini, termasuk di laman resmi mereka, lexus.com.

 

Simak juga video menarik di bawah ini: