Sukses

Ini Bedanya Helm Mobil dan Motor

Helm menjadi salah satu safety gear yang wajib dikenakan kala mengendarai kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Jakarta - Helm menjadi salah satu safety gear yang wajib dikenakan kala mengendarai kendaraan bermotor. Fungsinya sangat vital dalam melindungi bagian kepala apabila terjadi benturan akibat suatu insiden.

Faktanya, helm tidak hanya diciptakan bagi pengendara sepeda motor saja. Helm untuk pengendara mobil juga tersedia. Umumnya, helm ini digunakan saat turun di kejuaraan balap.

Dijelaskan Sales & Marketing Manager Arai Indonesia, Eric Karly Yusuf, helm motor dan mobil model full face memiliki perbedaan karakteristik. Karena perbedaan itulah keduanya dapat dengan mudah dibedakan.

"Perbedaan antara helm mobil dengan motor bisa dilihat dari visor-nya. Helm mobil visor-nya lebih kecil, dan dagunya lebih panjang dan lebar. Kalau helm motor kebalikannya. Visor lebih lebar dan bagian dagunya juga lebih kecil," terang Eric di gerai Cargloss Proriders, fX Sudirman, Jakarta, Selasa (8/8).

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk regulasi, helm mobil mengikuti standar FIA, sementara helm motor umumnya Snell 2015.

Lalu bagaimana jika helm mobil digunakan untuk naik motor atau sebaliknya? "Kalau helm mobil dipakai untuk naik motor biasanya ada beda di masalah fokus sama visualnya saja. Sisanya sama," kata Eric.

Mengenai harga, helm mobil berada di atas helm motor. Untuk helm motor Arai, banderolnya mulai dari Rp 6 jutaan. Sementara helm mobil dipatok mulai dari Rp 8 jutaan. *

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.