Sukses

Jangan Panik, Begini Cara Bersihkan Bodi yang Kena Noda Aspal

Sediakan kain lap bersih dan juga minyak untuk membersihkan kap mobil

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, sejumlah jalanan di Indonesia setiap harinya ada saja yang sedang diperbaiki. Tak pelak, aspal basah terkena ban dan terciprat ke bodi mobil.

Percikan aspal yang bercampur pasir ini juga kerap tampak pada bagian gril, rumah spion, bawah pintu, pelek, bumper bahkan sampai di kaca depan. 

Jika hal itu terjadi pada kendaraan Anda, maka tak perlu panik atau khawatir cat mobil tergores. Sebab masalah tersebut tetap bisa diatasi dengan trik khusus.

Mau tahu caranya? Berikut tipsnya:

Berdasarkan keterangan tertulis situs Daihatsu, langkah awal untuk membersihkan noda aspal yang menempel di bodi mobil adalah menyiapkan kain lap hingga cairan minyak. Pastikan saat membersihkan, kondisi noda pada bodi tidak sedang basah.

Kain lap yang digunakan haruslah bersih dan berbahan lembut. Selain itu, cairan minyak untuk pengusir aspal bisa menggunakan minyak tanah, solar, bensin atau tar remover.

Untuk cara penggunaannya, siapkan kain lap, lalu basahi dengan cairan yang sudah dipilih.

Selanjutnya, tempelkan kain lap basah dengan minyak pada noda aspal selama beberapa menit agar melunak dan daya rekatnya berkurang. Pastikan, cairan di kain lap bisa lebih meresap pada noda aspal yang menempel.

Kemudian, gosok noda tersebut dengan lembut dan berulang-ulang. Jika lap mulai mengering, basahi kembali dan digosok ulang hingga noda benar-benar terangkat dan hilang.

Jika noda dalam keadaan keras, jangan pernah untuk memaksa menggosoknya. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada bodi mobil.

Apabila noda aspal sudah hilang, seka kembali dengan kain lap lembut bersih. Setelah itu, kusam bekas noda aspal dapat dibersihkan kembali menggunakan wax agar cat mobil kembali terlihat mengkilap.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.