Sukses

Seberapa Tangguh Bajaj Qute Jadi Angkutan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Nama Bajaj Qute kini kian santer terdengar. Hal tersebut lantaran kendaraan mungil roda empat asal India tersebut sedang dalam tahap uji coba sebagai kendaraan umum pengganti bemo.

Kendati demikian banyak yang meragukan kemampuan mobil mungil asal India ini. Mulai dari sistem keamanan dan juga perfomanya jika digeber di jalan raya.

Nah, kali ini Liputan6.com kembali mengulas bagaimana sosok Bajaj Qute yang di negara lain juga disebut dengan nama RE60.

Jika dibandingkan bemo, Bajaj Qute terkesan lebih modern dan futuristik, dimana bagian depan telah menggunakan dua headlamp berbentuk jajar genjang. Kendaraan ini juga terlihat ramping dengan desain empat pintu seperti mobil.

Bajaj roda empat ini memiliki dimensi panjang 2.752 mm, lebar 1312 mm dan tinggi 1652 mm, radius putar mencapai 3,5 meter dan bobotnya mencapai 450 kg.

Meski roda empat, ternyata kendaraan ini enggan disebut mobil, mereka pun menyebut masuk dalam segmen Quadri cycle atau moda transportasi empat roda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Namun demikian, Bajaj Qute ini tidak mengguna stang sepeda motor seperti bajaj roda tiga, melainkan menggunakan lingkar kemudi seperti mobil.

Kapasitas Bajaj Qute ini ternyata mampu menampung 1+3 penumpang, dengan kombinasi satu sopir dan satu orang penumpang, serta dua orang di bagian belakang.

Bajaj Qute telah dibenamkan mesin 220 cc berteknologi Closed loop injection, lengkap dengan tiga busi dalam satu silinder, yang menghasilkan daya hingga 13 Tk pada 5.500 rpm pada 19 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga yang disalurkan ke transmisi sequential 5 percepatan ini diklaim mampu membuat Bajaj Qute dapat dipacu dengan kecepatan 60-70 km/jam.

Kelebihan lain dari kendaraan roda empat ini telah dilengkapi sabuk pengaman dan juga roofrack dibagian atap.

Namun demikain, ternyata ada juga kekurangan dari Bajaj Qute yaotu tak adanya Audio, AC, power window atau electric mirror, serta setirnya yang belum power steering.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.