Sukses

Bajaj Roda Empat Berkeliaran di Jakarta, Ini Wujudnya

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah bekerja keras menata Ibu Kota, termasuk meremajakan kendaraan umum yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu cara yang dilakukan dengan menghadirkan mobil roda empat yang disebut Bajaj Qute. Mobil ini juga disebut-sebut salah alternatif pengganti bemo.

Menurut Dewan Pimpinan Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI, Petrus Tukimin, keberadaan Bajaj Qute sebagai kendaraan umum ini merupakan rencana pemerintah sejak lama.

“Angkutan ini juga lebih aman, lebih nyaman, dan ramah lingkungan. Jadi pas lah untuk angkutan,” ungkap Petrus saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (24/7/2017).

Diketahui, Bajaj Qute ini masih uji coba dan jumlahnya terbatas yaitu hanya 17 unit yang mendapat izin operasi.

Rencana, Bajaj Qute ini digunakan untuk uji coba selama tiga bulan ke depan, yaitu dimulai 19 Juli 2017.

Konsumen pun tak perlu bingung jika melihatnya, sebab tampilan Bajaj Qute tetap warna biru, menggunakan plat nomor kuning. Yang membedakannya hanya desain dan jumlah roda yakni menjadi empat.

Menariknya bagian atap mobil ini juga telah menggunakan roof rack, yang dapat dimanfaatkan untuk membawa barang dengan jumlah banyak dan besar.

“Mobil ini didatangkan melalui PT Mega Lestari Mobilindo, yang pabriknya (perakitan) ada di Pulogadung, Jakarta Timur,” ucapnya.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasakan Sensasi Keunikan Bajaj Qute

Penduduk di kota Jakarta mendapatkan satu pilihan transportasi baru, sosoknya imut, berwarna biru, dan beroda empat, yaitu Bajaj Qute. Bajaj Qute merupakan pengganti dari bemo roda tiga.

Dimensi luarnya menyerupai bajaj roda tiga yang sudah beredar selama ini, hanya saja di dalamnya dapat menampung lebih banyak penumpang. Di depan mampu menampung dua orang, dan di belakang sanggup menampung tiga orang.

Kali ini Liputan6.com merasakan langsung rasa berkendara Bajaj Qute yang menyerupai mobil mungil. Meskipun demikian, pihak Bajaj sendiri menyebutnya sebagai quadricycle.

Desain eksterior terlihat imut, dengan dimensi panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi 1.652 mm. Jarak sumbunya 1.925 mm, dengan jarak pijak depan dan belakang 1.143 mm. Ground clearance-nya cukup memadai, yaitu 180 mm.

Bajaj Qute mengadopsi pelek berukuran 12 inci, masing-masing dilengkapi dengan sistem pengereman tromol. Suspensi depan mengadopsi sistem independent dengan twin leading arm, sedangkan pada bagian belakang mengadopsi independent suspension dengan coil spring dan semi trailing arm.

Bajaj Qute dilengkapi dengan dua tempat penyimpanan, yaitu bagasi di bagian depan dan roof rack. Sehingga cocok bagi Anda atau emak-emak yang senang berbelanja dengan jumlah banyak, hanya saja jangan lupa untuk mengikatkan barang bawaan jika disimpan di roof rack.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.