Sukses

Riset: SUV Menjadi Tren, Sedan Mulai Ditinggal

Riset dari perusahaan jasa finansial, IHS Markit, membuktikan bahwa segmen SUV semakin diminati.

Liputan6.com, Jakarta - Riset dari perusahaan jasa finansial, IHS Markit, membuktikan bahwa di antara segmen kendaraan roda empat lain, Sport Utility Vehicle (SUV) paling cepat berkembang. Permintaan akan mobil tersebut, termasuk di dalamnya crossover (CUV), akan terus meningkat.

Melansir Autoevolution, melalui riset yang dilakukan terhadap konsumen di Amerika Serikat (AS), disebutkan bahwa loyalitas konsumen SUV berada pada titik paling tinggi sepanjang masa.

"Lebih dari dua pertiga pemilik SUV dan crossover yang kembali ke pasar pada empat bulan pertama 2017 membeli kembali SUV dan crossover lainnya," tulis mereka.

Loyalitas mereka dari yang sebelumnya 53 persen pada 2013, telah naik jadi 63 persen sampai April 2017. Sebagai gambaran, rata-rata loyalitas konsumen industri otomotif hanya 52,6 persen.

Adapun loyalitas yang dimaksud dalam riset ini adalah seberapa setia segmen mobil tertentu tetap memakai kendaraannya tanpa berpindah ke segmen lain. Semakin tinggi persentase, maka loyalitasnya semakin tinggi. 

Loyalitas konsumen SUV tidak hanya berimplikasi pada semakin setianya pemilik SUV dengan kendaraannya. Ia juga ditunjukkan dengan pergeseran segmen yang mulai terjadi. Dalam hal ini, satu segmen yang paling tergerus adalah sedan.

Mereka yang loyal terhadap sedan mengalami penurunan dari 56 persen pada 2012 menjadi 49 persen di empat bulan pertama tahun ini. Penurunannya bahkan terjadi setiap tahun. "Kesetiaan pemilik sedan turun, tapi bukan berarti akan hilang," sambung Libby.

Meski riset ini mengambil sampel di AS, di Indonesia tren yang sama sebetulnya sedang terjadi. Penjualan SUV tahun lalu pertumbuhannya paling tinggi ketimbang segmen lain, yaitu 19 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini