Sukses

10 Mobil dengan Biaya Operasional Termurah

Penilaian mobil dengan operasional murah dipengaruhi faktor depresiasi setiap tahun, konsumsi bahan bakar, serta biaya polis asuransi.

Liputan6.com, Michigan - Di Indonesia, Toyota, Daihatsu, dan Suzuki terkenal dengan merek mobil yang tergolong terjangkau dalam hal biaya operasional. Namun di belahan dunia lain, seperti halnya Amerika Serikat, hanya Toyota yang masih menjadi merek paling popular dan dilirik konsumen.

Pasalnya, sebuah perusahaan riset di Michigan, Amerika Serikat, Vincentric, baru-baru ini melakukan penelitian terhadap beberapa kendaraan mobil dan truk yang diharapkan memiliki biaya operasional paling murah. Demikian dilansir Motor1, Senin (10/7/2017).

Penelitian tersebut juga melibatkan seberapa besar nilai depresiasi setiap tahunnya. Yang perlu diketahui, nilai depresiasi dari mobil akan dipengaruhi dari harga keseluruhan.

Perusahaan Vincentric juga meneliti jumlah konsumsi bahan bakar yang dipakai baik di dalam maupun luar kota, serta mencari nilai ekonomis biaya polis asuransi yang harus dibayar setiap tahun.

Nah, berikut daftar 10 mobil yang tergolong murah dalam hal operasional:

SubKompak Hatchback : Mitsubishi Mirage

Meski bukan mobil paling keren, tercepat, atau paling menyenangkan. Namun mobil ini bisa menjadi model paling murah.

Selama lima tahun operasional, Mirage tergolong paling rendah. Biaya yang dikeluarkan sebesar USD 27.511 atau sekitar Rp 362 juta, dengan rata-rata USD 15 per hari (setara Rp 197 ribu).

Subkompak : Toyota Yaris iA

Mobil yang dulunya disebut Scion iA ini dapat dibilang murah dalam hal operasional, yaitu hanya USD 29.868 atau sekitar Rp 393 juta per lima tahun.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Compact Hatchback : Toyota Corolla

Untuk penggunaan selama lima tahun, setidaknya biaya yang mesti dikeluarkan untuk menggunakan mobil ini mencapai USD 28.760 atau sekitar Rp 379 juta.

Compact Car : Hyundai Elantra

Biaya operasional per lima tahun untuk mobil asal Korea Selatan ini setidaknya mencapai USD 29.868 atau sekitar Rp 393 juta.

Midsize Car: Subaru Legacy

Mobil ini disebut termasuk lega dan lapang, sedangkan biaya operasional mencapai USD 35.007 atau Rp 461,56 juta per lima tahun.

Large Car: Ford Taurus

Mobil asli buatan Amerika Serikat ini disebut-sebut hanya membutuhkan biaya operasional sekitar USD 37.788 atau sekitar Rp 498 juta per lima tahun.

3 dari 3 halaman

Next

Sport Car: Fiat 124

Biaya operasional untuk mobil yang satu ini, per lima tahun mencapai USD 36.313 atau sekitar Rp 478 juta.

Luxury Compact Car: Acura ILX

Mobil tersebut sedikitnya harus mengeluarkan biaya operasional sebanyak USD 42.170 atau sekitar Rp 556 juta per lima tahun.

Luxury Coupe: Lexus RC 200t

Tampilan mobil mewah ini ternyata lebih murah dalam segi operasional dibandingkan mobil sekelasnya. Dalam lima tahun biaya operasional mencapai USD 44.387 atau Rp 585 juta.

Luxury Midsize Sedan: Lexus IS 200t

Sekelas mobil mewah di segmennya, mobil ini ternyata lebih murah dalam hal operasional selama lima tahun yaitu USD 49.769 atau Rp 656 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.