Sukses

Ramai-Ramai Bermain Mobil Listrik

Tidak hanya Toyota, Honda, dan Mitsubishi yang siap menghadirkan mobil listrik dan hybrid, pabrikan mobil mewah juga setali tiga uang.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan semakin tingginya polusi udara, keberadaan mobil listrik diprediksi akan berkembang dengan pesat, baik secara global maupun di pasar berkembang seperti India, Thailand, dan Indonesia.

Tidak hanya merek mobil konvensional seperti Toyota, Honda, dan Mitsubishi yang siap menghadirkan mobil listrik dan juga plug-in hybrid, bahkan pabrikan mobil mewah juga setali tiga uang.

Melansir Economictimes, Rabu (5/7/2017), beberapa merek mobil mewah yang siap bermain di pasar mobil listrik di India adalah Volvo Cars. Kabarnya, pabrikan asal Swedia ini berencana untuk meluncurkan mobil listrik globalnya pada 2019 mendatang.

Tidak seperti BMW, Audi, atau Mercedes-Benz yang bertaruh dengan mobil hibrida, Volvo akan menghadirkan mobil listrik penuh.

Namun, bukan berarti pasar India tidak ada hambatan untuk memasarkan mobil listrik. Kendala terbesar sama seperti di negara berkembang lainnya, misalnya Indonesia, yaitu belum adanya infrastruktur pengisian baterai.

"Kami memiliki ambisi untuk satu juta unit mobil listrik di jalan-jalan seluruh dunia pada 2025. Mobil listrik Volvo akan diumumkan pada 2019 dan diharapkan meluncur pada 2020 di India," ujar Tom von Bonsdorff, MD, Volvo Auto India.

Namun, sebelum meluncurkan mobil listriknya, Volvo juga berencana menghadirkan mobil hybrid. "Kami melihat plug-in hybrid sebagai jembatan antara penawaran saat ini dan mobil listrik masa depan. Kami akan terus meluncurkan varian plug-in hibrida kami," tambahnya.

 

 

Yuk nonton video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

BMW hingga Audi

Selain Volvo, Mercedes-Benz juga berencana untuk menghadirkan mobil listrik secara global dan India. Bahkan, pabrikan asal Jerman ini memiliki target untuk meluncurkan 10 mobil listrik secara global.

"Pada 2022, kami akan memilki lebih dari 10 kendaraan listrik di semua segmen, mulai dari Smart sampai SUV besar. Tujuan kami adalah menghasilkan 15 sampai 25 persen penjualan kenderaan bertenaga baterai di seluruh dunia pada 2025," jelas Roland Folger, MD & CEO, Mercedes-Benz India.

Sementara itu, untuk Audi juga merencanakan mobil listrik masa depannya untuk seluruh dunia, dan juga BMW yang sebenarnya sudah meluncurkan mobil hybrid andalannya, i8 dan i3 sebagai mobil listrik globalnya. Sedangkan untuk Jaguar Land Rover, sudah siap dengan membawa mobil listrik IPace.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.